Penerapan model pembelajaran discover learning untuk meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan kerja ilmiah mata pelajaran fisika kelas X Multimedia SMK Muhammadiyah 1 Pasuruan / Vivien Dwi Indriyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran discover learning untuk meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan kerja ilmiah mata pelajaran fisika kelas X Multimedia SMK Muhammadiyah 1 Pasuruan / Vivien Dwi Indriyani

Indriyani, Vivien Dwi (2015) Penerapan model pembelajaran discover learning untuk meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan kerja ilmiah mata pelajaran fisika kelas X Multimedia SMK Muhammadiyah 1 Pasuruan / Vivien Dwi Indriyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dwi Indriyani Vivien (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kemampuan Kerja Ilmiah Mata Pelajaran Fisika Siswa Kelas X Multimedia 1 SMK Muhammadiyah 1 Pasuruan. Skripsi Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muhardjito MS (2) Dr. Parno M.Si. Kata kunci Discovery Learning Prestasi Belajar Kemampuan Kerja Ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan kerja ilmiah mata pelajaran fisika siswa kelas X-Multimedia 1 SMK Muhammadiyah 1 Pasuruan melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan observasi atau evaluasi dan refleksi yang dilakukan di setiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-Multimedia 1 SMK Muhammadiyah 1 Pasuruan berjumlah 32 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode dokumentasi observasi tes prestasi belajar dan wawancara. Data yang diperoleh melalui metode dokumentasi dan wawancara dianalisis dengan teknik deskriptif-kualitatif sedangkan data yang diperoleh melalui metode observasi dan tes prestasi belajar dianalisis dengan teknik deskriptif-kuantitatif. Hasil yang didapat dari penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan nilai prestasi belajar dan kemampuan kerja ilmiah mata pelajaran fisika siswa kelas X-Multimedia 1. Prestasi belajar siswa meningkat dari sebelum diberi tindakan persentase pencapaian ketuntasan yaitu 0% atau sangat kurang baik (E) pada siklus I sebesar 56 25% atau taraf keberhasilan cukup baik (C) meningkat lagi pada siklus II menjadi 65 63% atau taraf keberhasilan baik (B) dan sudah mencapai indikator keberhasilan 8805 60%. Kemampuan kerja ilmiah siswa juga meningkat untuk aspek kemampuan membuat rumusan masalah dari pra tindakan hanya 30% pada siklus I menjadi 78 13% dan siklus II menjadi 100% aspek melakukan praktikum dari pra tindakan hanya 50% pada siklus I menjadi 100% dan pada siklus II tetap 100% aspek menggunakan alat praktikum dari pra tindakan hanya 50% pada siklus I menjadi 100% dan pada siklus II tetap 100% aspek mengumpulkan data dari pra tindakan hanya 50 % pada siklus I menjadi 100% dan pada siklus II tetap 100% aspek melaporkan hasil praktikum dari pra tindakan hanya 30% pada siklus I menjadi 75% dan pada siklus II menjadi 100%. Kemampuan kerja ilmiah pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu 8805 90%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat diterapkan untuk meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan kerja ilmiah siswa. Untuk peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan penelitian yang telah dilakukan ini agar sistem pembelajaran fisika di sekolah lebih bervariasi untuk memperbaiki kekurangan dan memperoleh hasil yang lebih memuaskan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18578

Actions (login required)

View Item View Item