Pengembangan bahan ajar dan alat-alat peraga fisika materi fluida statis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA/MA / Adelina Ratna Sari Amina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar dan alat-alat peraga fisika materi fluida statis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA/MA / Adelina Ratna Sari Amina

Amina, Adelina Ratna Sari (2015) Pengembangan bahan ajar dan alat-alat peraga fisika materi fluida statis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA/MA / Adelina Ratna Sari Amina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ratna SA Adelina. 2014. Pengembangan Bahan Ajar danAlat-AlatPeragaFisikaMateriFluidaStatisuntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisSiswaKelas X SMA/MA.Skripsi JurusanFisika FMIPAUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dra Endang Purwaningsih M. Si (II) Drs. DwiHaryoto M. Pd. Katakunci Bahan Ajar AlatPeraga FluidaStatis danKemampuanBerpikir Kritis Berpikirkritismemilikiperananpentingdalampelaksanaan proses pembelajaran terutamadalampembelajarandenganacuanKurikulum 2013. Penelitiandanpengembanganinidilaksanakanuntukmenelitidanmengembang-kanbahan ajar danalatperaga yang sesuaidengantuntutanKurikulum 2013 sertamampumeningkatkankemampuanberpikirkritissebagaisalahsatukemampuan yang perludimilikidalamabad 21. Tujuanpenelitiandanpengembanganiniadalah 1) mendeskripsikanbahan ajardanalatperaga untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA/MA 2) mendeskripsikan kelayakan bahan ajar dan alat peragauntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa SMA/MA pada materi fluida statis 3) mendeskripsikankemenarikanbahan ajar danalatperagauntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswaSMA/MA padamaterifluidastatis. Pengembanganbahan ajar dan alat peragamenerapkan model penelitiandanpengembangan Borg dan Gall(1942). Langkah dari prosedur ini disebut dengan siklus R D yang terdiri dari penelitian untuk mempelajari produk yang akan dikembangkan mengembangkan produk berdasarkan penelitian awal melakukan uji lapangan awal dan melakukan revisi untuk menemukan bentuk yang sesuai. Dalam penelitian dan pengembangan ini dilakukan hingga tahap uji lapangan awal yang meliputi satu sekolah dengan jumlah 16 subjek uji coba. Persentase validasi bahan ajar yang diperoleh dari kegiatan validasi adalah 91 09 % untuk kelayakan umum 100% untuk kelayakan khusus 100% untuk silabus dan 98 98% untuk RPP. Persentaseujicobakemenarikan dan keterbacaan bahan ajar adalah 94 24%. Serta persentaseujicobakemenarikanalatperagaadalah 93 75%.Produk bahan ajar yang dikembangkan memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan pada bahan ajar adalahmengacu pada Kurikulum 2013 menggunakan tahap pendekatan ilmiah meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan disertai dengan alat peraga yang dapat dimanfaatkan dalam percobaan fluida statis. Sedangkan kelemahannya adalah alat peraga yang dikembangkan masih terbatas pada satu jenis alat pada setiap subbab dan alat-alat yang dikembangkan masih paten belum berupa alat bongkar pasang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18576

Actions (login required)

View Item View Item