Pengembangan buku petunjuk praktikum fisika berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses siswa SMA kelas X / Ruliana Patmasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku petunjuk praktikum fisika berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses siswa SMA kelas X / Ruliana Patmasari

Patmasari, Ruliana (2014) Pengembangan buku petunjuk praktikum fisika berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses siswa SMA kelas X / Ruliana Patmasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Patmasari Ruli. 2014. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Fisika berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa SMA Kelas X. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sutarman M.Pd (II) Drs. H. Winarto M.Pd. Kata kunci praktikum inkuiri terbimbing keterampilan proses sains 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan mengetahui kelayakan buku petunjuk praktikum fisika berbasis inkuiri terbimbing bagi siswa SMA kelas X. Penelitian dan pengembangan produk ini menggunakan langkah-langkah metode penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Brog dan Gall (1983) sampai tahap ketiga yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaa (3) pengembangan draft produk. 12288 12288 12288 12288 Prosedur kerja pendahuluan diawali dengan studi kepustakaan dan analisis kondisi lapangan. Sedangkan tahap pengembangan prosedur kerja berupa penyusunan draft produk. Produk ini mengembangkan 8 petunjuk praktikum yaitu Hukum Hidrostatik Penerapan Hukum Hidrostatik Hukum Pascal Hukum Archimedes Kalor Perubahan Wujud Benda Azas Black dan Perpindahan Kalor. Subjek uji coba pada penelitian ini ada 2 macam yaitu validasi dan uji kemenarikan dan keterbacaan. Validasi penelitian terdiri dari 2 orang yaitu dosen Fisika dan guru Fisika SMA Negeri 1 Pagak. Sedangkan uji kemenarikan dan keterbacaan akan dilakukan pada 26 siswa SMA kelas X. Validasi dan uji kemenarikan dan keterbacaannya dilakukan dengan menggunakan angket atau kuisioner. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa data yang diperoleh dari skor jawaban angket yang diisi oleh dosen guru dan siswa. Sedangkan data kualitatif berupa kritik dan saran dari dosen guru dan siswa. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif secara keseluruhan diperoleh hasil sebesar 86 24 % hasil tersebut menunjukkan kriteria valid. Apabila ditinjau dari setiap praktikumnya diperoleh persentase 87 90% untuk praktikum Hukum Hidrostatik 86 69% untuk praktikum Penerapan Hukum Hidrostatik 85 35% untuk praktikum Hukum Pascal 85 63% untuk praktikum Hukum Archimedes 85 48% untuk praktikum Kalor 86 02% untuk praktikum Perubahan Wujud Benda 86 42% untuk praktikum Azas Black dan 86 42 % untuk praktikum Perpindahan Kalor. Keseluruhan analisis per praktikum memperoleh kriteria valid. Sedangkan untuk uji coba keterbacaan dan kemenarikan yang dilakukan oleh 26 siswa kelas X SMA Negeri 1 Pagak diperoleh hasil 82 31 % menjawab sangat setuju 15 26 % menjawab setuju 1 15 % tidak setuju dan 0% menjawab sangat tidak setuju. 12288 12288 12288 12288 Penelitian dan pengembangan produk ini hanya sampai pada produk awal dan belum diuji cobakan kepada siswa untuk itu perlu dilakukannya penelitian lanjutan untuk menguji produk awal dengan penelitian eksperimen. Selain itu disarankan untuk dilakukan diseminasi agar produk yang dihasilkan menjadi lebih baik lagi. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18575

Actions (login required)

View Item View Item