Identifikasi keterlaksanaan penilaian sikap pada pembelajaran IPA kurikulum 2013 di SMP Negeri se-Kota Blitar / Debi Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi keterlaksanaan penilaian sikap pada pembelajaran IPA kurikulum 2013 di SMP Negeri se-Kota Blitar / Debi Rahmawati

Rahmawati, Debi (2014) Identifikasi keterlaksanaan penilaian sikap pada pembelajaran IPA kurikulum 2013 di SMP Negeri se-Kota Blitar / Debi Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahmawati Debi. 2014. Identifikasi Keterlaksanaan Penilaian Sikap Pada Pembelajaran IPA Kurikulum 2013 di SMP Negeri se-Kota Blitar. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sutarman M.Pd (2) Dra. Chusnana Insjaf Yogihati M.Si Kata kunci keterlaksanaan penilaian sikap. Titik awal yang ditekankan yang harus dicapai adalah membangun pengetahuan yang mantap bagi peserta didik. Setelah pengetahuan dicapai tentu memberi pengaruh pada keterampilan peserta didik. Keterampilan tanpa dilandasi pengetahuan yang cukup akan menjadi tidak bermakna. Keterampilan didasari oleh pengetahuan yang dalam dan luas. Seiring berjalannya waktu aspek sikap harus ditanamkan oleh pendidik kepada peserta didik. Sistem penilaian pada kurikulum 2013 kompleks pada penilaian sikap saja terdapat empat teknik penilaian. Hal inilah mengapa penelitian ini dilaksanakan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui pemahaman guru IPA terhadap sistem penilaian sikap Kurikulum 2013 (2) mengetahui keterlaksanaan penilaian sikap siswa pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah guru kelas VII mata pelajaran IPA SMP Negeri 1 Blitar SMP Negeri 2 Blitar SMP Negeri 4 Blitar dan SMP Negeri 8 Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru terhadap model penilaian Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar sebesar 75% atau dapat dinyatakan baik. Pada tahap persiapan penilaian sikap terlaksana dengan baik (76%) pada tahap pelaksanaan terlaksana dengan baik (74%) sedangkan pada tahap manajemen hasil penilaian sikap terlaksana dengan baik (79%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18574

Actions (login required)

View Item View Item