Putri, Rizky Ridlo Rahmanda (2014) Penerapan model pembelajaran GI (Group Investigation) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar fisika siswa kelas X Multimedia 2 SMK Nasional Malang / Rizky Ridlo Rahmanda Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Putri Rizky Ridlo Rahmanda.2014. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X Multimedia 2 SMK Nasional Malang. Skripsi Program Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Kadim Masjkur M.Pd (II) Dr. Sentot Kusairi S.Pd M.Si. Kata Kunci model GI aktivitas siswa prestasi belajar fisika Berdasarkan observasi yang telah dilakukan aktivitas dan prestasi belajar fisika siswa cukup rendah dan perlu ditingkatkan. Kondisi siswa cenderung pasif karena aktivitas belajar siswa kurang. Hal tersebut disebabkan kurang terlibatnya siswa dalam proses pembelajaran karena aktivitas siswa terbatas pada mendengarkan dan mencatat. Oleh karena itu perlu adanya model pembelajaran baru agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan dengan menerapkan keterlaksanaan model pembelajaran GI (Group Investigation). 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan yang digunakan dalam penelitian adalah perencanaan pemberian tindakan kelas observasi serta refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes lembar observasi dan catatan lapangan. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif berupa kata-kata atau kalimat dan kuantitatif berupa angka. Data kualitatifnya berupa catatan lapangan observasi dan wawancara. Data kuantitatifnya terdiri atas data keterlaksanaan pembelajaran data aktivitas dan data prestasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Multimedia SMK Nasional Malang yang berjumlah 40 siswa. Berdasarkan penelitian selama proses pelaksanaan tindakan diperoleh persentase keterlaksanaan model pembelajaran GI pada siklus I sebesar 79 3 % dan pada siklus II sebesar 95 7%. Persentase aktivitas belajar fisika siswa juga meningkat dari siklus I ke II sebesar 73 12 % ke 86 25%. Jumlah siswa yang mempunyai nilai mencapai KKM sebelum diterapkan model pembelajaran GI adalah 14 siswa dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 35 %. Berdasarkan analisis prestasi belajar fisika siswa siklus I persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 65%. Jumlah siswa yang mempunyai nilai mencapai KKM pada siklus I adalah 26 siswa. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 90%. Jumlah siswa yang mempunyai nilai mencapai KKM pada siklus II adalah 36 siswa .Dari data tersebut diketahui bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar dan nilai rata-rata tes prestasi dari siklus I ke siklus II sebesar 25%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran GI dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar fisika siswa kelas X MM 2SMK Nasional Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Oct 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18573 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |