Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis animasi pada materi fluida dinamis untuk membantu meningkatkan prestasi siswa SMA kelas XI / oleh Muhamad Bahar Sofiuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis animasi pada materi fluida dinamis untuk membantu meningkatkan prestasi siswa SMA kelas XI / oleh Muhamad Bahar Sofiuddin

Sofiuddin, Muhamad Bahar (2014) Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis animasi pada materi fluida dinamis untuk membantu meningkatkan prestasi siswa SMA kelas XI / oleh Muhamad Bahar Sofiuddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sofiuddin Muhamad Bahar. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Pada Materi Fluida Dinamis Untuk Membantu Meningkatkan Prestasi Siswa SMA Kelas XI. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Winarto M.Pd (II) Drs. Yudyanto M.Si. Kata kunci media pembelajaran animasi prestasi siswa 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai sarana atau media dalam kegiatan belajar mengajar pada materi fluida dinamis. Media pembelajaran ini berbasis animasi yang menampilkan gejala-gejala fisika pada fluida dinamis dengan gambar-gambar bergerak disertai dengan penjelasan singkat yang mudah dipahami. 12288 12288 12288 12288 Desain pengembangan media pembelajaran ini menggunakan modifikasi dari langkah-langkah pengembangan yang dikemukakan oleh Thiagarajan (1974) yakni model 4D. Model 4D terdiri dari 4 langkah yakni (1) define (2) design (3) develop dan (4) dissaminate. Pada penelitian dan pengembangan ini memodifikasi model 4D dengan hanya menggunakannya sampai D ke-3. Sehingga pada penelitian ini terdiri 3 langkah yakni define design dan develop. Mendefinisikan merupakan langkah awal dari penelitian ini yakni dengan mengkaji kurikulum KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) hingga menentukan indikator siswa. Langkah selanjutnya adalah mendesain rancangan produk yang dibuat sesuai dengan kurikulum sampai indikator yang telah didefinisikan. Langkah berikutnya adalah mengembangakan pada tahap ini produk mulai dibuat sesuai dengan desain yang telah diracang. Pada tahap pengembangan produk terdapat beberapa uji coba yang dilakukan guna menghasilkan produk yang baik dan benar dengan menggunakan angket. Validasi dilakukan kepada satu ahli media yakni dosen fisika Universitas Negeri Malang satu guru fisika MAN 1 Tulungagung dan uji coba terbatas 24 siswa MAN 1 Tulungagung. Pada uji coba siswa selain angket juga dilakukan pengambilan data melalui pretes dan postes. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil validasi media pembelajaran kepada ahli media guru dan uji coba terbatas kepada siswa mendapatkan data secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa saran dan pendapat sedangkan data kuantitatif berupa persentase yang menunjukkan tingkat kevalidan. Kreteria kevalidan diadopsi dari Sudjana (2005). Hasil uji coba dari ahli media menunjukkan persentase produk sebesar 83 78% dari guru fisika menunjukkan persentase sebesar 84 24% dan dari siswa manunjukkan 86 15%. Dari hasil persentase tersebut menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan adalah valid/ layak dan bagus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18572

Actions (login required)

View Item View Item