Pengembangan media pembelajaran fisika berbantuan komputer pokok bahasan usaha dan energi untuk siswa kelas XI / Dwi Wahyu Pujomiarto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran fisika berbantuan komputer pokok bahasan usaha dan energi untuk siswa kelas XI / Dwi Wahyu Pujomiarto

Pujomiarto, Dwi Wahyu (2014) Pengembangan media pembelajaran fisika berbantuan komputer pokok bahasan usaha dan energi untuk siswa kelas XI / Dwi Wahyu Pujomiarto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pujomiarto Dwi Wahyu.2014. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Usaha dan Energi Berbantuan Komputer untuk Siswa Kelas XI. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sentot Kusairi M.Si (2) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Kata Kunci media usaha energi dreamweaver Motivasi belajar siswa kelas XI SMAN 6 Malang pada pelajaran fisika pokok bahasan usaha dan energi rendah. Media pembelajaran fisika yang mampu menarik minat dan motivasi siswa salah satunya adalah media berbantuan komputer. Media fleksibel yang mampu menampilkan gambar animasi video dan tulisan adalah website. Tujuan dari penelitian dan pengembangan adalah untuk mengembangkan media pembelajaran fisika berbantuan komputer pada pokok bahasan usaha dan energi serta untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan. Metode penelitian yang digunakan adalah model prosedural pengembangan media (Setyosari) meliputi identifikasi kebutuhan perumusan tujuan pengembangan materi penulisan alat ukur keberhasilan pengembangan media validasi dan revisi. Penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan antara lain identifikasi kebutuhan perumusan tujuan pengembangan materi penulisan alat ukur keberhasilan pengembangan media validasi dan revisi. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media yang berasal dari dosen dan guru. Jenis data penelitian meliputi data kuantitatif berupa penilaian validator yang dianalisis dengan menggunakan teknik persentase untuk mengetahui kelayakan produk. Produk pengembangan media pembelajaran secara keseluruhan dinilai valid oleh kedua kelompok ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Hasil analisis data menunjukkan bahwa validitas produk dari aspek materi adalah 85 29% dengan kriteria valid (layak) dan dari aspek media adalah 82 35% dengan kriteria valid (layak). Produk media pembelajaran fisika yang dikembangkan memiliki keunggulan yaitu mampu memvisualisasikan gerak benda jatuh pada ketinggian energi pada gerak saat berlari pengertian usaha serta pengertian energi yang bersifat abstrak. Produk media pembelajaran dilengkapi dengan video sehingga siswa dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Produk media pembelajaran dilengkapi dengan contoh soal yang diikuti dengan cara pengerjaannya. Selain itu media pembelajaran dilengkapi dengan kuis dan soal evaluasi sebagai latihan siswa dalam menghadapi soal ujian. Produk media pembelajaran memiliki keterbatasan dari segi bahasa produk hanya dikembangkan dalam bahasa Indonesia. Produk dikemas dalam bentuk CD pembelajaran sehingga hanya dapat dijalankan dengan bantuan komputer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18571

Actions (login required)

View Item View Item