Prahastiwi, Rima Buana (2014) Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan karakter rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 6 Malang / Rima Buana Prahastiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Prahastiwi Rima Buana. 2014. Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X MIA 3 SMA Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Subani (II) Drs. Dwi Haryoto M.Pd. Kata kunci rasa ingin tahu pendekatan saintifik prestasi belajar fisika. 12288 12288 12288 12288 Berdasar hasil observasi proses pembelajaran fisika di kelas X MIA 3 SMA Negeri 6 Malang sudah terlihat berjalan bagus akan tetapi siswa masih terlihat memiliki rasa ingin tahu yang rendah.Selama ini siswa belum aktif bertanya atau berpendapat dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu perlu diupayakan perbaikan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar fisika siswa. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui keterlaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran fisika untuk mengukur rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa kelas X MIA 3 di SMA Negeri 6 Malang 2) meningkatan rasa ingin tahu siswa kelas X MIA 3 di SMA Negeri 6 Malang dalam belajar fisika melalui penerapan pendekatan saintifik dan 3) meningkatan prestasi belajar siswa kelas x mia 3 di sma negeri 6 malang dalam belajar fisika melalui penerapan pendekatan saintifik. 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif dan berjenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam masing-masing siklus terdapat lima langkah pembelajaran yaitu mengamati menanya pengumpulan data mengasosiasi dan mengomunikasikan. Data penelitian yang berupa hasil observasi rasa ingin tahu dan prestasi belajar fisika siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen perlakuan yaitu Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan instrumen pengukuran yaitu lembar observasi kerja ilmiah dan soal tes. Analisis data yaitu dengan paparan data dan penarikan kesimpulan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh dua simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 6 Malang. Pada siklus I memperoleh persentase sebesar 53.3% dan meningkat pada siklus II sebesar 83.3%. Kedua prestasi belajar fisika siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 6 Malang ini juga mengalami peningkatan dari siklus I dengan nilai rata-rata post-test 63.8 ke siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 80.0. Hal ini membuktikan bahwa pendekatan saintifik dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa dengan persentase keberhasilan pembelajaran siklus I mencapai 80% dan pada siklus II mencapai 95%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18570 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |