Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD berbasis eksperimen untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar fisika pada siswa kelas X RPL 2 di SMK Ahmad Yani Probolinggo / Rijka Nur Lailyga Fitrianing Sarita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD berbasis eksperimen untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar fisika pada siswa kelas X RPL 2 di SMK Ahmad Yani Probolinggo / Rijka Nur Lailyga Fitrianing Sarita

Sarita, Rijka Nur Lailyga Fitrianing (2014) Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD berbasis eksperimen untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar fisika pada siswa kelas X RPL 2 di SMK Ahmad Yani Probolinggo / Rijka Nur Lailyga Fitrianing Sarita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sarita Rijka Nur Lailyga Fitrianing. 2014. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model STAD Berbasis Eksperimen untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Fisika pada Siswa Kelas X RPL2 di SMK Ahmad Yani Probolinggo. Skripsi Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Wartono M.Pd. (II) Dr. H. Winarto M.Pd. Kata Kunci STAD berbasis eksperimen keaktifan prestasi belajar. Berdasarkan penelitian awal pada tanggal 5 maret 2014 di kelas X RPL 2 SMK Ahmad Yani Probolinggo diperoleh informasi tentang kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa guru aktifitas dan prestasi belajar. Kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa masih cenderung pasif dan kurang terkontrol. Serta model pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih menggunakan metode ceramah dan menerangkan. Kurang aktifnya laboratorium untuk melaksanakan eksperimen sehingga siswa kurang memahami penerapan fisika terhadap kehidupan langsung. Selain itu diperoleh juga informasi bahwa keaktifan belajar siswa perlu untuk ditingkatkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa salah satunya dengan penerapan pembelajaran fisika model STAD berbasis eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Tiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Tindakan yang diberikan adalah penerapan pembelajaran fisika model STAD berbasis eksperimen. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu siswa kelas X RPL 2 SMK Ahmad Yani Probolinggo semester genap tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 37 siswa. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa keaktifan dan prestasi belajar. Keaktifan belajar siswa diukur berdasarkan peningkatan rata-rata persentase keaktifan belajar siswa dan taraf keberhasilan tindakan pada siklus 1 48 97% untuk siklus II berkisar 62 28% sedangkan prestasi belajar siswa diukur berdasarkan perbandingan nilai tes serta ketuntasan belajar siswa pada masing-masing siklus untuk siklus I 65 78 dengan persentase 34 21% dan untuk siklus II 79 64 dengan persentase 83 33%. Pelaksanaan pembelajaran fisika model STAD berbasis eksperimen ini terdiri dari tahap penyajian kelas eksperimen dan belajar tim analisis dan pengerjaan tugas LKS mempresentasikan tugas penghargaan dan tes. Penerapan pembelajaran dengan model STAD berbasis eksperimen dapat terlaksana dengan baik dengan presentase keterlaksanaan yang semakin meningkat selama siklus I dan siklus II. Keaktifan dan prestasi belajar siswa selama penerapan pembelajaran dengan model STAD berbasis eksperimen pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan pada semua aspek keaktifan dan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran fisika model kooperatif STAD berbasis eksperimen dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas X RPL 2 SMK Ahmad Yani Probolinggo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18569

Actions (login required)

View Item View Item