Pengembangan bahan ajar IPA/Fisika berbasis masalah berbantuan komputer pada pokok bahasan gelombang bunyi untuk siswa SMP kelas VIII / Dias Liana Dianita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar IPA/Fisika berbasis masalah berbantuan komputer pada pokok bahasan gelombang bunyi untuk siswa SMP kelas VIII / Dias Liana Dianita

Dianita, Dias Liana (2014) Pengembangan bahan ajar IPA/Fisika berbasis masalah berbantuan komputer pada pokok bahasan gelombang bunyi untuk siswa SMP kelas VIII / Dias Liana Dianita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Liana Dianita Dias. 2014. Pengembangan Bahan Ajar IPA/Fisika Berbasis Masalah Berbantuan Komputer Pokok Bahasan Gelombang Bunyi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (2) Dr. Sentot Kusairi M.Si Kata kunci bahan ajar berbasis masalah berbantuan komputer gelombang bunyi Berdasarkan kurikulum 2013 proses pembelajaran IPA diharapkan dapat menekankan pada pemberian pengalaman langsung. Pembelajaran IPA diarahkan untuk berpikir dan bertindak sehingga siswa dapat mengembangkan potensi diri dengan memperoleh konsep dasar yang lebih matang. Salah satu permasalahan pembelajaran fisika saat ini adalah sulitnya memahami konsep fisika karena konsep-konsep fisika yang bersifat abstrak. Untuk itu diperlukan penelitian pengembangan terhadap bahan ajar fisika. Penelitian ini dilaksanakan untuk menghasilkan produk pengembangan berupa bahan ajar IPA/Fisika berbantuan komputer berbasis masalah untuk siswa SMP kelas VIII dan mendeskripsikan kelayakan bahan ajar tersebut melalui uji validasi. 12288 12288 12288 12288 Desain penelitian dan pengembangan bahan ajar IPA/Fisika ini menggunakan Model Borg dan Gall yang hanya diambil hingga langkah ketujuh diantaranya (1) Tahap pengumpulan data (2) Perencanaan (3) Pengembangan produk pendahuluan (4)Uji lapangan awal (5) Revisi produk (6) Uji coba lapangan awal dan (7) Penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian dan pengembangan ini berdasarkan data yang didapatkan. Dari data yang diperoleh akan dilakukan bahan evaluasi produk. Subjek uji coba penelitian ini adalah dosen guru kelas VIII SMP Negeri 15 Malang dan siswa-siswi kelas IX SMP Negeri 15 Malang. Data yang diperoleh dari hasil uji validasi dan uji coba lapangan terhadap keterbacaan siswa berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pengisian angket oleh tim ahli. Data kualitatif diperoleh dari saran yang diberikan oleh tim ahli dan siswa. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dihasilkan penelitian dinyatakan layak namun masih memerlukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut serta uji coba berulang agar dapat lebih bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran materi Gelombang bunyi. Kelebihan dari bahan ajar IPA/Fisika antara lain produk ini dapat digunakan untuk pembelajaran di kelas atau belajar mandiri dan siswa dapat menemukan konsepnya sendiri sehingga konsep yang diterima lebih tertanam di benak mereka. Kekurangan dari bahan ajar IPA/Fisika antara lain topik pada bahan ajar terbatas dan kegiatan praktikum tidak dapat dilakukan didalam software.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18568

Actions (login required)

View Item View Item