Remidiasi pemahaman konsep pemuaian siswa kelas X dengan strategi konflik kognitif / Bekti Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Remidiasi pemahaman konsep pemuaian siswa kelas X dengan strategi konflik kognitif / Bekti Handayani

Handayani, Bekti (2014) Remidiasi pemahaman konsep pemuaian siswa kelas X dengan strategi konflik kognitif / Bekti Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Handayani Bekti. 2014. Remidiasi Pemahaman Konsep Pemuaian Siswa SMA Kelas X dengan Strategi Konflik Kognitif. Skripsi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sulur S.Pd M.Si M.T.D (2) Dr. Sutopo M.Si. Kata kunci remidiasi pemahaman konsep pemuaian strategi konflik kognitif 12288 12288 12288 12288 Saat mengikuti pelajaran fisika siswa datang dengan pengetahuan awal yang berasal dari pengalamannya sendiri. Pengetahuan awal yang dimiliki siswa adakalanya tidak sesuai dengan konsep ilmiah yang dikemukakan oleh para ahli. Pengetahuan awal siswa yang seperti itu diyakini dapat menyebabkan rendahnya pemahaman konsep siswa. Salah satu solusi untuk memperbaiki pemahaman konsep siswa adalah remidiasi dengan strategi konflik kognitif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses dan hasil remidiasi terhadap pemahaman konsep pemuaian pada siswa kelas X dengan strategi konflik kognitif. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-IPA6 SMAN 9 Malang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Data kuantitatif berupa pemahaman konsep siswa terhadap materi pemuaian yang diasses berdasarkan pada jawaban siswa pada tes sebelum dan setelah pengajaran remidiasi dengan strategi konflik kognitif. Instrumen tes berupa soal pilihan ganda berjumlah 12 butir soal. Data kualitatif berupa deskripsi pelaksanaan remidial yang diperoleh melalui observasi selama proses remidiasi berlangsung. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep siswa pada konsep pemuaian yang ditandai dengan menurunnya jumlah siswa yang menjawab salah pada setiap butir soal. Strategi konflik kognitif menggunakan metode tanya jawab dengan bantuan gambar dan video ilustrasi sebagai penjelas sekaligus penguat. Tanya jawab antara guru dan siswa membuat siswa lebih aktif dalam menyampaikan pendapat sehingga lebih mudah dalam mengetahui letak kesalahan siswa. Penggunaan video atau gambar ilustrasi membuat siswa lebih tertarik dalam memahami konsep fisika selain itu video penjelas yang digunakan juga mampu memudahkan siswa untuk mempelajari konsep yang sifatnya abstrak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18563

Actions (login required)

View Item View Item