Remidiasi pemahaman konsep siswa kelas X GB SMK Nasional Malang pada materi suhu dan kalor menggunakan strategi konflik kognitif / Zamzim Zulfa Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Remidiasi pemahaman konsep siswa kelas X GB SMK Nasional Malang pada materi suhu dan kalor menggunakan strategi konflik kognitif / Zamzim Zulfa Rahmawati

Rahmawati, Zamzim Zulfa (2014) Remidiasi pemahaman konsep siswa kelas X GB SMK Nasional Malang pada materi suhu dan kalor menggunakan strategi konflik kognitif / Zamzim Zulfa Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahmawati Zamzim Zulfa. 2014. Remidiasi Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMK Nasional Malang Pada Materi Suhu dan Kalor Menggunakan Strategi Konflik Kognitif. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas MIPA FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kadim Masjkur M.Pd (II) Dr. Sutopo M.Si Kata kunci remidiasi konflik kognitif suhu kalor 12288 12288 12288 12288 Fisika adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang ditempuh dalam jenjang pendidikan di Indonesia. Ilmu fisika memiliki konsep yang sangat luas baik yang bersifat abstrak maupun bersifat konkrit. Suhu dan kalor adalah salah satu dari materi fisiska yang bersifat abstrak sehingga dapat menimbulkan berbagai pemikiran yang berbeda pada diri siswa ketika mempelajarinya. Akibatnya banyak siswa yang memiliki pemahaman yang tidak sesuai dengan apa yang dimaksud sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan remidiasi terhadap pemahaman konsep siswa pada materi suhu dan kalor dengan strategi konflik kognitif. Pada strategi konflik kognitif siswa akan dihadapkan pada fenomena-fenomena yang bertentangan dengan apa yang dipikirkan siswa dan pada akhirnya siswa dengan sendirinya akan mengubah konsep awal yang salah dengan konsep baru yang benar. 12288 12288 12288 12288 Sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian maka penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini sebanyak 24 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang sedang menempuh materi Suhu dan Kalor . Instrumen dalam penilitian ini terdiri dari soal pretest dan postest rekaman audio dan catatan observer. Soal pretest dan postest menggunakan jenis soal yang sama yang terdiri dari 12 soal berupa soal pilihan ganda. Siswa diperbolehkan untk memilih lebih dari satu opsi jawabanyang menurut mereka benar. Selanjutnya data dianalisis melalui tiga tahapan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitan dari remidiasi pemahaman konsep siswa dengan menggunakan strategi konflik kognitif tentang konsep kalor suhu dan kesetimbangan termal dan keadaan termometrik terhadap suatu zat menunjukkan terjadi penurunan jumlah siswa yang menjawab salah pada setiap nomor soal dari pretest ke postest. Hal ini menunjukkan bahwa strategi koflik kognitif cukup efektif digunakan sebagai strategi dalam pembelajaran remidiasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18558

Actions (login required)

View Item View Item