Pengembangan bahan ajar berbasis masalah berbantuan komputer untuk siswa SMA kelas X pada materi fluida statis / Suliawati Ningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis masalah berbantuan komputer untuk siswa SMA kelas X pada materi fluida statis / Suliawati Ningsih

Ningsih, Suliawati (2014) Pengembangan bahan ajar berbasis masalah berbantuan komputer untuk siswa SMA kelas X pada materi fluida statis / Suliawati Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ningtyas Suliawati. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Berbantuan Komputer Untuk Siswa SMA Kelas X Pada Materi Fluida Statis. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd (II) Chusnana I.Y M.Si Kata kunci bahan ajar berbantuan komputer berbasis masalah fluida statis. 12288 12288 12288 12288 Berdasarakan fakta di lapangan bahan ajar yang beredar lebih banyak berbentuk cetak daripada non cetak. Bahan ajar yang digunakan di SMA N 4 Malang hanya berisi deskripsi singkat menekankan rumus-rumusnya saja sedangkan pemahaman konsep kurang ditekankan. Hasil pembagian angket yang sudah dilakukan di SMAN 4 Malang menunjukkan bahwa dari angket yang disebarkan bahwa 90% siswa menganggap fisika sulit dengan alasan tidak dapat menghubungkan konsep dengan rumus. Sebanyak 10% siswa menganggap sulit dengan alasan banyak rumus pelajaran yang abstrak dan penjelasan guru yang susah dipahami. Hampir semua siswa kelas X IPA sekitar 95% menyukai pembelajaran fisika yang didukung dengan bahan ajar yang berbentuk audio visual yang menyenangkan dan 5 % saja siswa yang menyukai buku teks fisika. Kurikulum 2013 juga menekankan pada penggunaan teknologi komputer pada pembelajaran karena orientasi pendidikan bukan hanya peningkatan SDM tetapi kapabilitas manusia. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan berdasarkan langkah-langkah penelitian oleh Borg dan Gall. Peneliti hanya melakukan 5 tahap yaitu 1) Studi pendahuluan 2) perencanaan 3) pengembangan draf produk 4) uji coba lapangan awal dan 5) revisi hasil uji coba. Instrumen pengambilan data berupa angket yang disertai lembar deskripsi komentar. Teknik pengumpulan data dengan memberikan angket kepada validator dan siswa SMA N 4 Malang. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan menghitung rata-rata. Uji coba produk dilakukan dengan 2 tahap. Uji coba produk oleh tim ahli yang terdiri dari dosen fisika Universitas Negeri Malang dan guru SMA N 4 Malang. Sedangkan uji coba kedua dilakukan kepada siswa SMAN 4 Malang. Hasil uji coba lapangan awal bahan ajar berbasis masalah berbantuan komputer dinyatakan layak untuk diuji coba yang lebih luas lapangan awal. Sehingga Bahan ajar berbasis masalah berbantuan komputer yang dikembangkan tidak mengalami revisi yang berarti. Bahan ajar ini diharapakan mampu melatih siswa dalam menyelesaikan masalah. Kelebihan bahan ajar ini adalah 1) dilengkapi dengan video dan animasi 2) adanya audio pada setiap penjelasan materi 3) dapat membangun kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan 4) bahan ajar ini dilengkapi dengan laboratorium animasi dan 5) siswa dapat segera tau konsep mana yang belum mereka kuasai dari hasil review mereka setelah mengerjakan tes akhir. Bahan ajar ini juga memiliki kekurangan yaitu bahan ajar ini tidak dapat mengontrol jawaban siswa berupa essay.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18557

Actions (login required)

View Item View Item