Sufiya, I'in (2014) Pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 02 Batu / I'in Sufiya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sufiya I in. 2014. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 02 Batu. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sutarman M.Pd (2) Sugiyanto S.Pd M.Si Kata kunci model pembelajaran Problem Based Learning mind mapping prestasi belajar fisika. 12288 12288 12288 12288 Pemilihan metode pembelajaran yang tepat sangat dibutuhkan pada pembelajaran fisika karena rancangan strategi pembelajaran perlu memperhatikan cara siswa mendapatkan kebermaknaan dalam proses pembelajaran. Siswa mampu merasakan kebermaknaan dalam pembelajaran saat mereka dapat menyelesaikan berbagai variasi masalah dengan baik. Model pembelajaran Problem Based Learning ( PBL) dapat mengembangkan prestasi belajar siswa. Mind mapping yang dibuat siswa berperan penting dalam proses pemecahan masalah lebih menata pola pikir siswa dan lebih memudahkan dalam proses pembelajaran sehingga akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan mind mapping terhadap prestasi belajar fisika siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu (quasi experiment) dan desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 02 Batu yang berjumlah 8 kelas (276 siswa). Pengambilan sampel dilakukan dengan pertimbangan tertentu (sampling purposive) dan diperoleh satu kelas sebagai kelas eksperimen yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan mind mapping dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang belajar menggunakan model pembelajaran konvesional (Direct Instruction). Instrumen perlakuan terdiri atas RPP dan LKS sedangkan instrumen pengukuran terdiri atas instrumen lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan soal tes prestasi belajar fisika materi suhu-kalor. Uji prasyarat analisis dilakukan sebelum menguji hipotesis uji prasarat analisis meliputi uji normalitas data dan uji homogenitas varian. Pengujian hipotesis menggunakan uji t-Test. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini membuktikan bahwa prestasi belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan mind mapping lebih baik dari pada prestasi belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan oleh rerata prestasi belajar siswa yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan mind mapping sebesar 75 00 dan rerata prestasi belajar siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional sebesar 65 24.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18556 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |