Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meninghkatkan kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains siswa kelas X-MIA 1 SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung / Puspa Handaru Rachmadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meninghkatkan kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains siswa kelas X-MIA 1 SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung / Puspa Handaru Rachmadhani

Rachmadhani, Puspa Handaru (2014) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meninghkatkan kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains siswa kelas X-MIA 1 SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung / Puspa Handaru Rachmadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rachmadhani Puspa Handaru. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X-MIA 1 SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muhardjito M. S (2) Drs. Dwi Haryoto M. Pd. Kata Kunci Inkuiri Terbimbing Kemampuan Berpikir Kreatif Keterampilan Proses Sains. Hasil observasi dan wawancara pada siswa kelas X-MIA 1 SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung menunjukkan bahwa guru setiap hari masih menggunakan metode belajar ceramah presentasi dan latihan soal. Metode yang selama ini dilakukan berdampak siswa menjadi kurang aktif tidak pernah melakukan praktikum dan hanya fokus pada latihan soal saja. Hal ini terlihat ketika siswa melakukan praktikum hampir seluruh siswa tidak bisa menggunakan dan membaca alat ukur yaitu termometer dengan baik. Selama pembelajaran yang diukur oleh guru hanya hasil belajar kognitif saja namun keterampilan proses sains siswa tidak pernah diperhatikan. Keterampilan proses sains yaitu kemampuan seseorang untuk mengamati merumuskan hipotesis merencanakan penelitian melakukan percobaan menganalisis data dan berkomunikasi. Selain itu karena siswa terbiasa pasif menyebabkan kemampuan berpikir kreatif siswa tidak bisa muncul karena kurang diasah. Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan seseorang untuk dapat menemukan banyak kemungkinan jawaban dan banyak langkah penyelesaian permasalahan. Salah satu upaya untuk me me cahkan permasalahan tersebut yaitu diterapkan suatu pembelajaran menggunakan model pem belajaran inkuiri terbimbing. Dalam penelitian ini diketahui bagaimana keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains siswa setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Tujuan penelitian adalah mengetahui bagaimana keterlaksanaan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains siswa setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan catatan lapangan lembar observasi lembar penilaian keterampilan proses sains siswa dan tes kemampuan berpikir kreatif siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-MIA 1 SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 34 siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan untuk keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing sebesar 10 64%. Hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan dalam jumlah siswa yang lulus KKM yaitu sebesar 38 24%. Untuk keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan sebesar 7 58%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18553

Actions (login required)

View Item View Item