Pengaruh model cooperative script dalam pembelajaran the 5E learning cycle terhadap hasil belajar kognitif dan aktivitas belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Besuki / Arinta Windiyanti Rokmana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model cooperative script dalam pembelajaran the 5E learning cycle terhadap hasil belajar kognitif dan aktivitas belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Besuki / Arinta Windiyanti Rokmana

Rokmana, Arinta Windiyanti (2014) Pengaruh model cooperative script dalam pembelajaran the 5E learning cycle terhadap hasil belajar kognitif dan aktivitas belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Besuki / Arinta Windiyanti Rokmana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rokmana Arinta Windiyanti. 2014. Pengaruh Model Cooperative Script dalam Pembelajaran The 5 E Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Besuki. Skripsi Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhardjito M.S (II) Sujito S.Pd M.Si Kata Kunci the 5 e learning cycle cooperative script hasil belajar kognitif aktivitas belajar 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran fisika hendaknya berorientasi kepada siswa di mana siswa terlibat aktif menemukan konsep-konsep dan prinsip-prinsip fisika secara pribadi hingga tercipta pembelajaran fisika yang memenuhi karakteristik fisika. Penggabungan model The 5 E Learning Cycle dan Cooperative Script dipilih karena penggabungan dua model ini sanggup menciptakan proses belajar yang berpegang teguh pada karakteristik fisika. Disamping itu model ini dapat memenuhi aspek tujuan pembelajaran fisika yaitu keberhasilan proses belajar yang diamati melalui hasil dan aktivitas belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar kognitif dan aktivitas belajar siswa antara siswa yang belajar dengan penggabungan model The 5 E Learning Cycle dan Cooperative Script dengan siswa yang belajar dengan model The 5E Learning Cycle. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Data yang diperoleh yaitu skor hasil belajar kognitif dan aktivitas belajar fisika. Pengujian normalitas dilakukan dengan uji Liliefors dan pengujian homogenitas varians menggunakan uji Bartlett. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji t kemudian dilakukan uji lanjut menggunakan uji Scheffe. 12288 12288 12288 12288 Hasil uji t test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif dan aktivitas belajar antara siswa yang belajar dengan model Cooperative Script dalam pembelajaran The 5 E Learning Cycle dengan siswa yang belajar dengan model The 5E Learning Cycle tanpa Cooperative Script. Kemudian hasil uji lanjut Scheffe menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif dan aktivitas belajar kelompok siswa yang belajar dengan model Cooperative Script dalam pembelajaran The 5 E Learning Cycle lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model The 5E Learning Cycle tanpa Cooperative Script. Dalam penggabungan dua model ini ditunjukkan serangkaian fase pada The 5E Learning Cycle yang disisipi Cooperative Script dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman konsep siswa. Pemahaman konsep yang kuat dapat dibangun melalui pengalaman personal yang baik. Dengan demikian kemampuan kognitif siswa dapat terlatih dengan baik. Poin plus untuk aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran yang menerapkan penggabungan dua model ini dapat diamati pada fase eksplanasi di mana pada fase ini disisipkan sintaks Cooperative Script untuk menunjang aktivitas siswa seperti aktivitas verbal emosional dan oral.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18552

Actions (login required)

View Item View Item