Penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) untuk meningkatkan kemampuan berpendapat dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 1 Kalidawir Tulungagung / Ferdiana Ika Wati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) untuk meningkatkan kemampuan berpendapat dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 1 Kalidawir Tulungagung / Ferdiana Ika Wati

Wati, Ferdiana Ika (2014) Penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) untuk meningkatkan kemampuan berpendapat dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 1 Kalidawir Tulungagung / Ferdiana Ika Wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wati Ferdiana Ika. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) ntuk Meningkatkan Kemampuan Berpendapat dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 1 Kalidawir Tulungagung. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sutarman M.Pd (2) Drs. Parno M.Si. Kata Kunci SFAE Kemampuan Berpendapat Prestasi Belajar. Hasil observasi dan wawancara pada kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 1 Kalidawir menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas XI-IPA 1 SMAN 1 Kalidawir 50 79 dan KKM 73. Prestasi belajar fisika siswa dapat dilihat pada nilai UTS yang telah dilaksanakan. Persentase siswa yang lulus sesuai KKM hanya 16 67 %. Siswa yang tidak lulus 83 33 %. Siswa tidak berani dalam menyampaikan pendapatnya siswa pasif karena hanya menerima penjelasan dari guru siswa tidak bersemangat siswa banyak yang mengantuk dan kurang memperhatikan materi yang diberikan oleh guru. Akibatnya siswa tidak berani mengemukakan pendapat bila diberi pertanyaan oleh guru. Salah satu upaya untuk me me cahkan permasalahan tersebut yaitu diterapkan suatu pembelajaran menggunakan model pem belajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) yang membuat siswa terlihat aktif pada proses pembelajaran sehingga memberikan dampak positif terhadap kualitas interaksi dan komunikasi yang berkualitas dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan penelitian adalah mengetahui bagaimana deskripsi pelaksanaan model pembelajaran SFAE yang dapat meningkatkan kemampuan berpendapat dan prestasi belajar fisika siswa bagaimana peningkatan kemampuan berpendapat melalui penerapan model SFAE dan bagaimana peningkatan prestasi belajar fisika siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara lembar observasi keterlaksanaan model SFAE lembar observasi kemampuan berpendapat dan tes kognitif. Hasil penelitian ini adalah keterlaksanaan model pembelajaran SFAE siklus I dan siklus II adalah 53 631 % dan 88 423 % kemampuan berpendapat siklus I dan siklus II adalah 35 026 % dan 61 024 % dan prestasi belajar fisika siswa siklus I dan siklus II adalah 28% dan 80%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18551

Actions (login required)

View Item View Item