Pengembangan bahan ajar integratif untuk melatih keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X SMA pada mata pelajaran fiska / Nur Aini Mufida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar integratif untuk melatih keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X SMA pada mata pelajaran fiska / Nur Aini Mufida

Mufida, Nur Aini (2014) Pengembangan bahan ajar integratif untuk melatih keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X SMA pada mata pelajaran fiska / Nur Aini Mufida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mufida Nur Aini. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Integratif untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA pada Mata Pelajaran Fisika. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Suyudi M.Pd. (II) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Kata kunci Bahan ajar integratif keterampilan berpikir kreatif fluida statis suhu dan kalor 12288 12288 12288 12288 Kurikulum 2013 dalam pembelajarannya menggunakan pendekatan ilmiah yang membimbing siswa untuk aktif mengembangkan pengetahuan keterampilan sosial dan sikap sehingga pembelajaran yang dilakukan menjadi bermakna. Laporan TIMSS pada tahun 2011 menunjukkan bahwa pencapaian Indonesia bidang sains berada pada peringkat 40 dari 42 negara. Hal ini menunjukkan rendahnya kemampuan siswa dalam menyikapi permasalahan. Setiap mata pelajaran memerlukan bahan ajar sebagai bagian dari pembelajaran untuk menyampaikan informasi baik tertulis maupun tidak tertulis. Kenyataan di lapangan setelah dilakukan penyebaran angket di SMA kota Malang dan SMA di Tulungagung menunjukkan 61 % siswa mengandalkan buku paket 71 % siswa menyatakan buku panduan belajar yang digunakan kurang menarik dan sulit dipahami. Hasil observasi di toko buku yang ada di Kota Malang dapat penulis simpulkan bahan ajar kurikulum 2013 mata pelajaran fisika masih sedikit dan kurang sesuai dengan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar integratif untuk melatih keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X SMA pada mata pelajaran fisika. 12288 12288 12288 12288 Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model Sukmadinata yang meliputi 1) Studi Pendahuluan 2) Pengembangan 3) Uji Hasil. Namun yang diadopsi penulis adalah dua tahapan peneltian dan pengembangan. Instrumen pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket disertai dengan pertanyaan terbuka di akhir angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dengan menghitung rata-rata. Uji validitas dilakukan oleh guru fisika SMA Negeri 1 Malang. Uji coba terbatas dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Malang sejumlah 12 siswa. 12288 12288 12288 12288 Hasil uji coba didapatkan bahan ajar integratif untuk guru memiliki kriteria kelayakan 3 42 yang berarti layak digunakan sedangkan bahan ajar untuk siswa memiliki kriteria kelayakan 3 35 untuk ahli dan kriteria kelayakan 3 46 pada uji terbatas. Kelebihan bahan ajar integratif yaitu 1) mengintegrasikan kompetensi sikap keterampilan pengetahuan menjadi kompetensi yang utuh dengan dikonversikan pada pendekatan ilmiah 2) bahan ajar didesain untuk melatih kreatifitas siswa 3) bahan ajar untuk siswa dilengkapi dengan aspek yang dinilai dalam setiap kegiatan pembelajaran. Selain memiliki kelebihan bahan ajar integratif juga memiliki kekurangan antara lain 1) kelayakan yang diperoleh hanya berupa uji coba terbatas 2) perlu adanya perbaikan ketikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18550

Actions (login required)

View Item View Item