Pengembangan bahan ajar fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pokok bahasan fluida dinamis untuk membangun kemampuan problem solving siswa kelas XI SMA Negeri 8 Malang / Nurul Faiqotus Siyadah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pokok bahasan fluida dinamis untuk membangun kemampuan problem solving siswa kelas XI SMA Negeri 8 Malang / Nurul Faiqotus Siyadah

Siyadah, Nurul Faiqotus (2014) Pengembangan bahan ajar fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pokok bahasan fluida dinamis untuk membangun kemampuan problem solving siswa kelas XI SMA Negeri 8 Malang / Nurul Faiqotus Siyadah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siyadah Nurul Faiqotus. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Pokok Bahasan Fluida Dinamis untuk Membangun Kemampuan Problem Solving Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Malang.Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Imu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Purwaningsih M.Si (II) Dra. Chusnana I.Y. M.Si. Kata Kunci bahan ajar Problem Based Learning (PBL) kemampuan Problem Solving FluidaDinamis Hasil penelitian TIMSSmenunjukkan bahwa pada tahun 2011 tingkat kemampuan siswa Indonesia pada bidang sains (IPA) masih di bawah rata-rata standar internasional yaitu berada pada rangking 40 dari 42 negara peserta sehingga pemerintah perlu melakukan perbaikan pada sistem pendidikan di Indonesia dengan cara menerapkan Kurikulum 2013. Bahan ajar merupakan salah satu media yang penting dalam proses belajar. Kenyataan di lapangan bahan ajar yang digunakan siswa masih belum sesuai dengan Kurikulum 2013. Bahan ajar yang digunakan juga belum menuntun siswa memiliki kemampuan memecahkan masalah. Berdasarkan masalah tersebut peneliti melakukan pengembangan bahan ajar berbasis PBLuntuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa terutama kemampuan dalam memecahkan masalah (problem solving). Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research and Development) oleh Borg and Gall 1983. Langkah yang dilakukan diantaranya 1)Penelitiandanpengumpulaninformasi 2)Perencanaan 3)Pengembangan draft produk 4)Ujicobapendahuluan dan 5)Revisiprodukutama.Intrumen pengambilan data dalam penelitian ini berupa angket disertai lembar saran dan komentar di akhir angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis perhitungan rata-rata yang diadaptasi dari Arikunto. Uji coba produkdilakukan dua tahap. Uji ahli yang dilakukanolehdosenfisikaUniversitasNegeri Malang dan dua guru fisika (SMAN 8 Malang SMK PGRI 3 Malang) sedangkan uji coba kedua dilakukan siswakelas XI IPA 1 SMAN 8 Malang. Hasiluji coba menghasilkan bahan ajar berbasis PBL yang mampu melatih siswa untuk membangun kemampuan problem solving.Hasil analisis databahan ajardinyatakan valid dengankriteria 3 59oleh validator dan 3 46 pada uji terbatas.Hasil analisis data validasi silabus dinyatakan valid dengan kriteria 3 71 oleh validator sedangkan RPPdinyatakan valid dengankriteria3 58oleh validator. Jadi dapat disimpulkanbahwabahan ajar dikategorikan layak dengan sedikit revisi yang didasarkan dari komentar dan saran oleh validator dan siswa.Pengembanganproduklebihlanjutdapatdilakukandenganujiempirikbahan ajar dengansampel yang lebihluasuntukmengetahuikeefektifanbahan ajar dalampembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18549

Actions (login required)

View Item View Item