Pengaruh pembelajaran Guided Inquiry berbantuan PhET terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi dan tanggung jawab siswa kelas XI IPA pada materi teori kinetik gas / Ratih Mega Ayu Afifah

Afifah, Ratih Mega Ayu (2014) Pengaruh pembelajaran Guided Inquiry berbantuan PhET terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi dan tanggung jawab siswa kelas XI IPA pada materi teori kinetik gas / Ratih Mega Ayu Afifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Afifah, Ayu Mega Ratih, 2014. Pengaruh Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan PhET Terhadap Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi dan Tanggung Jawab Siswa Kelas XI IPA Pada Materi Teori Kinetik Gas. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Drs. KadimMasjkur, M.Pd., (II) Drs. Sutarman, M.Pd. Kata Kunci:Guided Inquiry, PhET, Berfikir Tingkat Tinggi, Tingkat Tanggung Jawab.     Hasil TIMSS (Trends In Mathematic sand Science Study) 2011 pada bidang Fisika menunjukkan Indonesia memperoleh nilai 397 dimana nilai ini berada di bawah nilai rata-rata internasional yaitu 500. Data tersebut menunjukkan masih rendahnya daya serap peserta didik dalam pembelajaran pada pendidikan fisika. TIMMS menggunakan aspek pemahaman, penerapan dan penalaran untuk menunjukkan profil kemampuan berpikir siswa. Berdasarkan hasil TIMSS maka dapat dikatakan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa Indonesia masih rendah. University of Brigmigham dan The Jubilee Centre for Character&Value menekankan pentingnya penanaman karakter siswa disekolah. Menurut Megawangi, pencetus pendidikan karakter di Indonesia terdapat 9 pilar aspek karakter mulia di antaranya aspek tanggung jawab, sehingga peneliti melakukan penelitan mengenai peningkatan berfikir tingkat tinggi dan tingkat tanggung jawab siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kemampuan berfikir tingkat tinggi dan mendeskripsikan tingkat tanggung jawab siswa pada pembelajaran guided inquiry berbantuan PhET dan konvensional.     Rancangan penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian tes dan observasi. Analisis data menggunakan statistik inferensial untuk kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa dan deskriptif kualitatif untuk tingkat tanggung jawab siswa. Data pretes diuji dengan uji nonparametrik Mann Whitney-U menunjukkan tidak adanya perbedaan. Kemudian data posttest diuji dengan menggunakan uji parametrik uji-t.     Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa pada pembelajaran guided inquiry berbantuan PhET lebih baik dari pada konvensional. Melalui analisis deskriptif kualitatif bahwa tingkat tanggung jawab siswa teramati melalui pembelajaran guided inquiry berbantuan PhET dan konvensional. Berdasarkan hasil presentase, indikator tanggung jawab siswa dalam kegiatan pembelajaran melalui pembelajaran guided inquiry berbantuan PhET lebih banyak teramati pada diri siswa dari pada pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18548

Actions (login required)

View Item View Item