Hanim, Masita Raisa (2014) Pengembangan buku panduan untuk guru dalam merencanakan pembelajaran fisika berbasis blended learning menggunakan Moodle / Masita Raisa Hanim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hanim Masita Raisa. 2014. Pengembangan Buku Panduan untuk Guru dalam Merencanakan Pembelajaran Fisika Berbasis Blended Learning Menggunakan Moodle. Skripsi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Purwaningsih M.Si (II) Drs. Widjianto M.Kom. Kata Kunci Pembelajaran Fisika Blended Learning Moodle Blended learning merupakan kombinasi metode tatap muka dan online. Penyempurnaan pola pikir pada pengembangan kurikulum 2013 yaitu pola pembelajaran terisolasi menjadi pembelajaran jejaring (memanfaatkan jaringan internet). Pembelajaran dengan media teknologi dan informasi dapat memperjelas konsep. Pembelajaran fisika dapat menggunakan media teknologi dan informasi karena fisika menekankan pada pemahaman konsep. Langkah penelitian dan pengembangan yang dilakukan menggunakan langkah Borg Gall (1989) yang dimodifikasi oleh Sukmadinata (2011 169-170) antara lain (1) studi pendahuluan terdiri dari studi pustaka survei lapangan dan penyusunan draf produk awal (2) pengembangan sampai pada tahap uji coba terbatas. Instrumen pengumpulan data terdiri dari 2 (dua) angket yakni angket untuk validator dan angket untuk subjek uji coba. Data yang diperoleh yaitu data kuantitatif yakni berupa persentase penilaian dari validator dan subjek uji coba serta data kualitatif berupa saran dan komentar dari validator dan subjek uji coba. Draf produk yang dikembangkan divalidasi oleh 2 (dua) validator yakni dosen ahli bidang pendidikan dan dosen ahli media TIK. Hasil penilaian validator menunjukkan bahwa buku panduan yang dikembangkan cukup valid atau dapat digunakan namun perlu dilakukan revisi kecil dengan nilai persentase isi buku bagian I adalah 70 48% dan isi buku bagian II adalah 80 45%. Revisi produk awal dilakukan berdasar saran dan komentar produk yang telah direvisi kemudian diuji coba pada 5 (lima) guru yang terdiri dari 3 (tiga) guru fisika dan 2 (dua) guru IPA antara lain guru SMA Surya Buana Malang SMK Negeri 8 Malang MAN Nglawak Kertosono dan SMP Negeri 2 Tegalsari Banyuwangi. Nilai persentase yang diperoleh berdasar data hasil uji coba adalah 85%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa bahwa buku panduan yang dikembangkan cukup sesuai dan panduan dapat dijalankan dalam komputer oleh guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18547 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |