Pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dengan metode resitasi terhadap kemampuan penguasaan konsep fisika siswa kelas XI SMAN 9 Malang / Agung Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dengan metode resitasi terhadap kemampuan penguasaan konsep fisika siswa kelas XI SMAN 9 Malang / Agung Saputra

Saputra, Agung (2014) Pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dengan metode resitasi terhadap kemampuan penguasaan konsep fisika siswa kelas XI SMAN 9 Malang / Agung Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saputra Agung. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) Dengan Metode Resitasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas XI SMAN 9 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sumarjono M.Pd. (2) Dra. Endang Purwaningsih M.Si. Kata Kunci SSCS metode resitasi penguasaan konsep Tahapan dalam model pembelajaran SSCS menunjukkan keterlibatan siswa dalam memperoleh konsep secara langsung. Siswa diajak untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran dan guru sebagai fasilitator. Kemudian pada akhir pertemuan guru memberikan tugas dengan metode resitasi sehingga penguasaan konsep siswa terhadap materi yang diajarkan akan semakin kuat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan penguasaan konsep fisika siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran SSCS dengan metode resitasi dan siswa yang belajar secara konvensional serta mengetahui penguasaan konsep fisika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran SSCS dengan metode resitasi lebih tinggi dari pada siswa yang belajar secara konvensional. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan pre test dan post test. Model pembelajaran SSCS dengan metode resitasi sebagai variabel bebas dan penguasaan konsep sebagai variabel terikat. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 9 Malang. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-3 sebagai kelas kontrol. Penguasaan Konsep diukur dengan menggunakan tes objektif. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Sebagai uji prasyarat dilakukan uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Uji hipotesis menggunakan Anava satu jalur dan dilanjutkan dengan uji Scheffe dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian adalah 1) terdapat perbedaan penguasaan konsep fisika siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran SSCS dengan metode resitasi dan siswa yang belajar secara konvensional. 2) penguasaan konsep fisika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran SSCS dengan metode resitasi lebih tinggi dari pada siswa yang belajar secara konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18546

Actions (login required)

View Item View Item