Pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap prestasi belajar fisika kelas X SMKN 5 Malang tahun pelajaran 2013/2014 / Anis Lailatul Ulya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap prestasi belajar fisika kelas X SMKN 5 Malang tahun pelajaran 2013/2014 / Anis Lailatul Ulya

Ulya, Anis Lailatul (2014) Pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap prestasi belajar fisika kelas X SMKN 5 Malang tahun pelajaran 2013/2014 / Anis Lailatul Ulya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ulya Anis Lailatul 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Prestasi Belajar Fisika Kelas X SMKN 5 Malang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sumarjono M.Pd (2) Drs. Kadim Masjkur M.Pd. Kata Kunci model Two Stay Two Stray prestasi belajar fisika 12288 12288 12288 12288 Model Two Stay Two Stray merupakan salah satu pembelajaran kooperatif yang dikembangkan oleh Spencer Kagan. Model ini memberi kesempatan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Two Stay Two Stray berpengaruh terhadap prestasi belajar Fisika kelas X RPL di SMK Negeri 5 Malang. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain penelitian menggunakan pola pretest-posttest control group design. Sampel yang diambil dari populasi dibagi menjadi dua yaitu kelas X RPL 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X RPL 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu random sampling. Prestasi belajar diukur dengan menggunakan tes objektif. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Uji hipotesis menggunakan ANAVA satu jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey dengan taraf signifikansi 0.05. Sebelum uji hipotesis dilakukan uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan uji ANAVA satu jalur dan uji Tukey diperoleh hasil bahwa kelompok siswa yang belajar dengan model TSTS memiliki prestasi yang lebih tinggi daripada kelompok siswa yang belajar secara konvensional. Hal ini berarti model pembelajaran TSTS berpengaruh terhadap prestasi belajar fisika siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah prestasi belajar fisika siswa yang belajar dengan model TSTS lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar secara konvensional. Dari hasil penelitian dan kesimpulan tersebut diharapkan untuk guru SMKN 5 Malang agar dapat menggunakan model pembelajaran TSTS dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18545

Actions (login required)

View Item View Item