Penerapan pembelajaran learning cycle 5E untuk meningkatkan penguasaan konsep pada materi kalor siswa di SMAN 9 Malang / Zaidatul Inaiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran learning cycle 5E untuk meningkatkan penguasaan konsep pada materi kalor siswa di SMAN 9 Malang / Zaidatul Inaiyah

Inaiyah, Zaidatul (2014) Penerapan pembelajaran learning cycle 5E untuk meningkatkan penguasaan konsep pada materi kalor siswa di SMAN 9 Malang / Zaidatul Inaiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Inaiyah Zaidatul. 2014. Penerapan Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep pada Materi Kalor Siswa di SMAN 9 Malang. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Haryoto M.Pd (II) Dr. Sutopo M.Si. Kata Kunci learning cycle 5 fase efektivitas kalor penguasaan konsep 12288 12288 12288 12288 Tujuan mata pelajaran fisika adalah peserta didik mampu menguasai konsep dan prinsip fisika serta mempunyai keterampilan mengembangkan pengetahuannya sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi. Oleh karena itu Pendidikan IPA diarahkan untuk mencari tahu dan berbuat sehingga dapat membantu untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang alam sekitar. Salah satu model pembelajaran yang membantu siswa mencari tahu dan berbuat untuk mendapatkan pemahaman adalah model learning cycle 5E. Learning cycle 5E dapat membantu peserta didik belajar melalui penelitian ilmiah. Dalam learning cycle 5E siswa mengeksplorasi materi kemudian membangun sebuah konsep dan akhirnya menerapkan atau memperluas konsep untuk situasi lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran learning cycle 5E pada materi kalor. Efektivitas pembelajaran dilihat dari aspek penguasaan siswa terhadap materi kalor. Respon siswa terhadap pembelajaran juga digunakan sebagai salah satu indikator. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi experiment one group pretest posttest yang dilengkapi dengan analisis deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-5 SMAN 9 Malang yang terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan pretest dan posttest observasi lembar kerja siswa dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran learning cycle 5 E dapat meningkatkan skor penguasaan konsep siswa tentang kalor dengan efek size lebih besar dari standart yaitu 2 89 dan dengan N-gain dalam kategori medium tinggi yaitu 0.61. Berdasarkan respon siswa siswa menjadi lebih mudah memahami materi kalor. Kegiatan praktikum juga lebih bisa menarik minat siswa dalam mempelajari kalor

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18544

Actions (login required)

View Item View Item