Efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) untuk meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah dan penguasaan konsep siswa pada topik kacamata dan lup / Elok Nur Fauzia - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) untuk meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah dan penguasaan konsep siswa pada topik kacamata dan lup / Elok Nur Fauzia

Fauzia, Elok Nur (2014) Efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) untuk meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah dan penguasaan konsep siswa pada topik kacamata dan lup / Elok Nur Fauzia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fauzia Elok Nur. 2014. Efektivitas Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah dan Penguasaan Konsep Siswa pada Topik Kacamata dan Lup. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sutopo M.Si (II) Drs. Asim M.Pd. Kata Kunci Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Efektivitas Keterampilan Berpikir Ilmiah Penguasaan Konsep Kacamata dan Lup 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada topik kacamata dan lup serta respon siswa terhadap pembelajaran. Efektivitas pembelajaran dilihat dari peningkatan penguasaan konsep siswa sebelum dan sesudah pembelajaran serta aspek keterampilan berpikir ilmiah yang dapat dilatihkan. 12288 12288 12288 12288 Dengan menggunakan design quasi experiment one group pretest posttest yang dilengkapi analisis deskriptif data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah penguasaan konsep siswa sebelum dan sesudah dilakukan treatment keterampilan berpikir ilmiah siswa dan respon siswa terhadap pembelajaran. Jenis data dalam penelitian ini mencakup data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pretest dan posttest siswa. Data kualitatif diperoleh dari catatan observer dan peneliti selama proses pembelajaran isian LKS dan angket respon siswa. Data diperoleh dengan teknik observasi tes dan angket. Penelitian ini dilakukan di kelas X MIA 4 SMA Negeri 2 Malang yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa dengan persentase kenaikan nilai rata-rata dari pretest ke posttest sebesar 59.87% hasil Cohen s d-effect size sebesar 3.23 yang termasuk dalam kategori sangat lebih besar dari standar dan rata-rata gain ternormalisasi sebesar 0.57 yang termasuk dalam kategori medium-atas. Aspek keterampilan berpikir ilmiah yang dapat dilatihkan antara lain kemampuan merumuskan masalah kemampuan mengidentifikasi fenomena yang diselidiki kemampuan mendesain percobaan untuk menyelidiki fenomena kemampuan menggunakan alat untuk melakukan pengukuran kemampuan mendeskripsikan hasil pengamatan dengan kalimat ataupun gambar kemampuan membuat kesimpulan serta kemampuan mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis. Berdasarkan respon siswa terhadap pembelajaran pembelajaran di kelas lebih menyenangkan serta dapat menambah pengetahuan dan pengalaman belajar. Adanya kegiatan praktikum dan diskusi kelompok dapat membuat siswa aktif kritis dan tertantang untuk memperoleh hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18543

Actions (login required)

View Item View Item