Pengembangan paket pembelajaran fisika menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan scaffolding pada materi impuls dan momentum untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa kelas XI SMA / Ayu Surya Agustin

Agustin, Ayu Surya (2014) Pengembangan paket pembelajaran fisika menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan scaffolding pada materi impuls dan momentum untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa kelas XI SMA / Ayu Surya Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Agustin, Ayu S. 2014. Pengembangan Paket Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Scaffolding pada Materi Impuls dan Momentum untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas XI SMA. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Supriyono Koes Handayanto, M.Pd, M.A, (II) Drs. Purbo Suwasono, M.Si Kata Kunci: pengembangan, paket pembelajaran, model Problem Based Learning (PBL), scaffolding, kemampuan berfikir kreatif     Media pembelajaran berperan sangat penting untuk menunjang kesuksesan belajar siswa. Salah satu media pembelajaran adalah paket pembelajaran yang terdiri dari bahan ajar untuk siswa dan buku pedoman guru. Paket pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning dengan scaffolding menampilkan permasalahan-permasalahan yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Dengan menampilkan permasalahan-permasalahan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa, dengan begitu siswa terlatih untuk memecahkan masalah yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari sehingga tercipta suatu pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum yaitu menciptakan kondisi belajar aktif pada siswa dan meningkatkan kemampuan berfikir kreatif. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk berupa paket pembelajaran fisika menggunakan model problem based learning dengan scaffolding pada materi impuls dan momentum untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa SMA kelas XI serta mengetahui kelayakannya.     Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan rancangan pengembangan Borg dan Gall (1989). Instrumen pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Penilaian terhadap produk penelitian dan pengembangan adalah validasi dan uji coba terbatas untuk mengetahui kualitas produk oleh pengguna. Data hasil penilaian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh berdasarkan penilaian pada angket validator dan subjek uji coba terbatas dengan skala Likert. Data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran validator. Validator berasal dari dosen ahli materi dan guru fisika SMA yang berpengalaman.     Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk termasuk dalam kriteria layak namun memerlukan sedikit revisi. Hasil uji kelayakan bahan ajar untuk siswa dinilai layak dengan rata-rata kelayakan isi, kebahasaan, dan penyajian secara berturut-turut sebesar 3,40; 3,86, dan 3,63. Buku pedoman guru termasuk dalam kriteria layak dengan rata-rata kelayakan isi 3,67, kelayakan kebahasaan 3,44, dan kelayakan penyajian 3,44. Hasil dari keterbacaan siswa termasuk dalam kriteria layak dengan rata-rata 3,37. Produk pengembangan perlu ditindaklanjuti dengan uji coba lebih luas untuk mengetahui efektifitas penggunaan produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18542

Actions (login required)

View Item View Item