Pengaruh model pembelajaran 5-E learning cycle terhadap kerja ilmiah dan prestasi belajar fisika bagi siswa kelas X MIA SMA Laboratorium UM / Nur Lutfia Afifah

Afifah, Nur Lutfia (2014) Pengaruh model pembelajaran 5-E learning cycle terhadap kerja ilmiah dan prestasi belajar fisika bagi siswa kelas X MIA SMA Laboratorium UM / Nur Lutfia Afifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Afifah, Nur Lutfia. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran 5-E Learning Cycle terhadap Kerja Ilmiah dan Prestasi Belajar Fisika Bagi Siswa Kelas X MIA SMA Laboratorium UM. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Asim, M.Pd, (II) Dr. Muhardjito, M.S. Kata Kunci: model pembelajaran 5-E Learning Cycle, kerja ilmiah, prestasi &#12288;&#12288;&#12288;&#12288;belajar Fisika &#12288;&#12288;&#12288;&#12288;Model pembelajaran 5-E Learning Cycle merupakan model pembelajaran yang menganut paham konstruktivistik. Konstruktivisme menekankan bahwa pengetahuan dibentuk dalam pikiran manusia sendiri. Model pembelajaran 5-E Learning Cycle terdiri dari beberapa tahapan, yaitu engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation. &#12288;&#12288;&#12288;&#12288;Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Rancangan penelitiannya adalah eksperimen semu dan desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIA SMA Laboratorium UM yang terdiri dari empat kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol. Setiap kelas yang menjadi sampel penelitian terdiri dari 29 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen perlakuan berupa RPP dan LKS, dan instrumen pengukuran berupa lembar observasi kerja ilmiah dan tes tulis Fisika. &#12288;&#12288;&#12288;&#12288;Berdasarkan hasil analisis terhadap kerja ilmiah dan prestasi belajar Fisika Fisika dengan uji-t. Hasil uji hipotesis kerja ilmiah siswa menujukkan hasil thitung = 6,666 > 2,0042 ( t56; .05), maka H0 ditolak. Selanjutnya rerata kerja ilmiah siswa 76,65 > 65,14. Karena thitung > ttabel, maka H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa kerja ilmiah siswa yang belajar dengan model pembelajaran 5E Learning Cycle lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran Direct Instruction. Hasil uji hipotesis prestasi belajar Fisika siswa menujukkan hasil thitung sebesar 0,939 < 2,0042 (t56; .05), maka H0 diterima. Selanjutnya rerata prestasi belajar Fisika siswa 74,27 > 71,89. Karena thitung < ttabel, maka H0 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar Fisika siswa yang belajar dengan model pembelajaran 5E Learning Cycle lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran Direct Instruction.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18540

Actions (login required)

View Item View Item