Sa'adah, Aliyyatus (2014) Pengembangan instrumen tes benar-salah untuk menilai kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar / Aliyyatus Sa'adah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sa adah Aliyyatus. 2014. Pengembangan Instrumen Tes Benar-Salah untuk Menilai Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sugiyanto S.Pd M.Si (II) Drs. Sutarman M.Pd. Kata Kunci instrumen tes benar-salah kemampuan berpikir tingkat tinggi dinamika rotasi kesetimbangan tegar 12288 12288 12288 12288 12288 Salah satu tujuan pembelajaran adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Guru harus senantiasa melatih siswa untuk dapat berpikir tingkat tinggi dalam proses pembelajaran. Evaluasi memegang peranan penting untuk mengetahui kemampuan siswa dalam berpikir tingkat tinggi. Selama ini instrumen yang cocok untuk menilai kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa adalah bentuk tes uraian. Namun tes bentuk uraian ini memiliki beberapa kelemahan di antaranya (1) jumlah butirnya terbatas (2) tidak semua proses berpikir tingkat tinggi dijalani oleh siswa (3) pemeriksaan hasil pekerjaan siswa cenderung tidak objektif. Diperlukan instrumen tes yang dapat menilai kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa secara utuh dan pemeriksaannya dapat dilakukan secara objektif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan instrumen tes benar-salah (2) mendeskripsikan prosedur pengembangan instrumen tes serta (3) menunjukkan kelayakan dari produk instrumen tes tersebut. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian pengembangan ini menggunakan model Research Development (R D) dari Borg dan Gall yang dimodifikasi oleh Sukmadinata menjadi tiga langkah utama yaitu (1) studi pendahuluan (2) pengembangan instrumen tes dan (3) validasi instrumen tes. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan instrumen angket. Angket yang digunakan meliputi angket validasi ahli (tiga dosen fisika) dan angket untuk pengguna (tiga guru fisika dan 33 siswa). 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil validasi dari ketiga validator menunjukkan produk instrumen tes yang dikembangkan sangat valid dengan skor rata-rata sebesar 88 1. Sementara itu tanggapan guru terhadap produk instrumen tes adalah efektif dengan skor 83. Tanggapan siswa terhadap instrumen penilaian ini tergolong baik dengan menyebutkan manfaat yang diperoleh yaitu siswa lebih mudah memahami materi dan waktu yang digunakan untuk mengerjakan soal lebih efektif. Hasil uji coba menunjukkan bahwa 18 dari 33 siswa (55 55%) memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi pada pokok bahasan dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar dengan kategori baik. Disimpulkan dari penelitian ini bahwa instrumen tes benar-salah yang telah dikembangkan layak digunakan untuk membantu melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18537 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |