Pebriana, Lucki Winandasari (2014) Penerapan model pembelajaran learning cycle 7E untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas X-2 MAN 2 Malang Kota Batu / Lucki Winandasari Pebriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pebriana Lucki Winandasari. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-2 MAN 2 Malang Kota Batu. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Asim M.Pd (2) Drs. Bambang Tahan Sungkowo M.Pd. Kata Kunci model Learning Cycle 7E motivasi belajar fisika hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas X-2 MAN 2 Malang Kota Batu diperoleh informasi bahwa metode pembelajaran yang digunakan masih didominasi metode pembelajaran klasikal. Metode praktikum belum pernah diterapkan sehingga motivasi belajar siswa meliputi perhatian keterkaitan percaya diri dan kepuasan siswa rendah. Selain itu hasil belajar berupa aspek kognitif afektif dan psikomotorik rendah. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa adalah model Learning Cycle 7E. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas X-2 MAN 2 Malang Kota Batu melalui model pembelajaran Learning Cycle 7E. 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) serta bertujuan untuk memperbaiki suatu keadaan pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus PTK terdiri atas perencanaan tindakan pelaksanaan observasi dan refleksi. Tindakan pada penelitian ini adalah model Learning Cycle 7E. Penelitian ini dilakukan di kelas X-2 Man 2 Malang Kota Batu semester genap 2013/2014. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran LC 7E motivasi belajar dan data hasil belajar yang diambil dari hasil observasi baik sebelum maupun selama penelitian dilakukan. 12288 12288 12288 Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran model Learning Cycle 7E dapat meningkatkan motivasi siswa dan hasil belajar. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar aspek kognitif 76 50 dengan ketuntasan belajar 67 60% kemudian rata-rata nilai aspek psikomotor 1 98 dalam rentang nilai 1-4 dan rata-rata nilai aspek afektif 2 12 dalam rentang nilai 1-4. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar aspek kognitif 78 47 dengan ketuntasan belajar 76.50% kemudian rat-rata nilai aspek psikomotor 3 17 dalam rentang nilai 1-4 dan rata-rata nilai aspek afektif 3 24 dalam rentang nilai 1-4. Persentase motivasi belajar pada siklus I adalah 66 20% dan pada siklus II menjadi 80 59% (naik 14 39%). Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Learning Cycle 7E dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas X-2 MAN 2 Malang Kota Batu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18535 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |