Penerapan model pembelajaran the 5E learning cycle berbasis inquiry untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar fisika pokok bahasan kalor siswa kelas X SMA Selamat Pagi Indonesia (SPI) Batu periode 2010/2011 / Aliffernanda Rinti Taddaga - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran the 5E learning cycle berbasis inquiry untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar fisika pokok bahasan kalor siswa kelas X SMA Selamat Pagi Indonesia (SPI) Batu periode 2010/2011 / Aliffernanda Rinti Taddaga

Taddaga, Aliffernanda Rinti (2014) Penerapan model pembelajaran the 5E learning cycle berbasis inquiry untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar fisika pokok bahasan kalor siswa kelas X SMA Selamat Pagi Indonesia (SPI) Batu periode 2010/2011 / Aliffernanda Rinti Taddaga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Taddaga Aliffernanda Rinti. 2011. Penerapan Model Pembelajaran The 5E Learning Cycle Berbasis Inquiry untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Fisika Pokok Bahasan Kalor Siswa Kelas X SMA Selamat Pagi Indonesi (SPI) Batu periode 2010/2011. Skripsi Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sirwadji (II) Drs. Asim M.Pd. Kata kunci penerapan model pembelajaran The 5E Learning Cycle Berbasis Inquiry keaktifan siswa prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi proses pembelajaran fisika di SMA Selamat Pagi Indonesia (SPI) Batu cukup baik tetapi siswa masih memiliki keaktifan serta prestasi belajar fisika yang rendah. Guru masih dominan menerapkan metode ce-ramah dalam pembelajaran. Keaktifan siswa hanya mendengarkan guru menger-jakan soal latihan. Guru belum pernah melakukan demonstrasi diskusi kelompok/ diskusi kelas atau melibatkan siswa dalam kegiatan eksperimen. Prestasi belajar siswa masih kurang dari KKM (67). Siswa kurang memahami konsep dan hanya menghafal rumus saja. Beberapa siswa kesulitan dalam menentukan besaran fisika yang diketahui maupun besaran yang dicari pada saat mengerjakan soal. Siswa ke-sulitan dalam mengembangkan rumus untuk menyelesaikan soal yang berbeda. Hanya beberapa siswa yang mampu mengerjakan latihan soal dengan benar. Nilai rata-rata Ujian Tengah Semester siswa mencapai 43 88. Oleh karena itu perlu di-upayakan perbaikan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran The 5E Learning Cycle Berbasis Inquiry untuk meningkatkan ke-aktifan dan prestasi belajar siswa kelas X SMA SPI. Rancangan penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif dan berjenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan memberikan tindakan berupa model pembelajaran The 5E Learning Cycle Berbasis Inquiry . Penelitian ini mendeskripsikan proses pembela-jaran keaktifan siswa dan prestasi belajar fisika siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Kegiatan proses pembelajaran yang digunakan adalah kegiatan engagemen eksplorasi eksplanasi elaborasi dan evaluasi. Pada akhir siklus I keaktifan siswa meningkat dari pertemuan pertama. Peningkatan itu terjadi pada aspek menjawab/mengajukan pertanyaan meranvang eksperimen sederhana mengeksplorasi gagasan melalui eksperiment mengamati gejala fisis dan membuat kesimpulan. Pada akhir siklus II keaktifan siswa meningkat dari siklus I. Peningkatan itu terjadi pada aspek menyusun hipotesis mengamati gejala fisis dan membuat kesimpulan. Prestasi belajar siswa secara keseluruhan mencapai tahap pengetahuan (C1) pada akhir siklus I dan meningkat mencapai tahap pemahaman (C2) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model The 5E Learning Cycle Berbasis Inquiry dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Untuk itu disarankan bagi guru fisika SMA disarankan agar menggunakan model pembelajaran The 5E Learning Cycle Berbasis Inquiry dalam melakukan pembelajaran kepada siswa untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18533

Actions (login required)

View Item View Item