Pengembangan bahan ajar integratif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran fisika kelas X SMA materi optik / Iwan Arisanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar integratif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran fisika kelas X SMA materi optik / Iwan Arisanto

Arisanto, Iwan (2014) Pengembangan bahan ajar integratif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran fisika kelas X SMA materi optik / Iwan Arisanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arisanto Iwan. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Integratif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMA Materi Optik. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika JurusanFisika Fakultas MatematikadanIlmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing(I) Drs. Agus Suyudi M.Pd (II) Dr. Lia Yuliati M.Pd Kata kunci bahan ajar integratif kemampuan berpikir tingkat tinggi optik. Laporan TIMSSpada tahun 2011 menunjukkan pencapaian Indonesia pada sains berada di peringkat 40 dari 42 negarasehingga pemerintah melakukan perbaikan mutu pendidikan dengan menerapkan kurikulum 2013. Bahan ajar merupakan salah satu media yang penting dalam proses belajar.Kenyataan di lapangan setelah dilakukan menyebarkan angket di beberapa SMA kota Malang dan observasi di berbagai toko buku yang ada di kota Malang 85% bahan ajar yang ada kurang sesuai dengan kurikulum 2013. Bahan ajar yang digunakan juga belum menuntun siswa memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Dari permasalahan tersebut peneliti melakukan pengembangan bahan ajar berbasis integratif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D. Peneliti mengadopsi 3 tahap pengembangan 4D yaitu 1) Define 2) Design 3) Develop. Instrumen pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket disertai dengan pertanyaan terbuka di akhir angket.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan yaitu teknik analisis deskriptif menghitung rata-rata.Uji coba produk dilakukan dua tahap. Uji coba ahli yang terdiri dari dosen fisika Universitas Negeri Malang dan guru SMAN 2 Malang sedangkan uji coba terbatas dilakukan pada siswa SMAN 8 Malang. Hasil pada uji coba menyatakan bahwa bahan ajar integratifyang dapat melatih siswa untuk berpikir tingkat tinggi. Bahan ajar ini layak dengan kriteria 3 25 untuk ahli dan 3 28 pada uji terbatas. Kelebihan dari bahan ajar yaitu 1) terdapat aspek yang dinilai pada setiap tahap melakukan percobaan 2) bahan ajar fisika berbasis integratif sehingga sesuai dengan kurikulum 2013 dan dapat mengembangkan siswa memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi 3) bahan ajar fisika dengan pokok bahasan alat-alat optik dilengkapi dengan kegiatan siswa untuk menemukan konsep 4) gambar-gambar yang konstektual dan sesuai dengan materi dan 5) soal-soal evaluasi.Selain memiliki kelebihan bahan ajar berbasis integratif juga memiliki kekurangan antara lain 1) terbatas hanya pada materi optik 2) tidak ada jurnal siswa sehingga kesulitan siswa belum dapat terungkap 3) penjelasan pada kolom proyek terlalu banyak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18532

Actions (login required)

View Item View Item