Fakhriyah, Wahyuni Ainun (2014) Pengembangan media pembelajaran IPA fisika berbasis multimedia Flash CS5 pokok bahasan optika geometri untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Winongan / Wahyuni Ainun Fakhriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Fakhriyah Wahyuni Ainun. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Multimedia Flash CS5 Pokok Bahasan Optika Geometri untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Winongan. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhardjito M.S. (II) Dr. Sentot Kusairi M.Si. Kata kunci media fisika animasi konsep 12288 12288 12288 12288 Media berperan sebagai alat untuk menyampaikan materi dalam proses pembelajaran. Media dapat menggambarkan dan menyajikan fenomena fisika yang menyerupai keadaan sebenarnya. Penggunaan media membantu siswa memahami konsep. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Produk akhir yang dihasilkan berupa CD pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Langkah-langkah pengembangan terdiri atas tiga bagian pokok yaitu studi lapangan uji coba dan implementasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket terhadap ahli media ahli materi dan siswa. Untuk mengukur tingkat pemahaman konsep siswa dilakukan dengan membandingkan hasil pretes dan postes. Instrumen tes yang digunakan berupa tes objektif. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas reliabilitas tingkat kesukaran dan daya beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media pembelajaran menurut ahli media sebesar 80 28% dan menurut ahli materi sebesar 88 62% kelayakan media pembelajaran dari tahap uji coba terbatas sebesar 85 21% dan dari tahap uji coba lebih luas sebesar 85 5%. Hasil pretes pada kelas yang menggunakan media adalah 28 83% dan hasil postes adalah 71 64 %. Hasil perhi-tungan normalitas gain sebesar 0 6015. Media pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria layak dan secara keseluruhan dinyatakan baik serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18530 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |