Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) fisika materi tekanan mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotor sesuai kurikulum 2013 untuk siswa SMP/MTs / Lucky Chandra Febriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) fisika materi tekanan mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotor sesuai kurikulum 2013 untuk siswa SMP/MTs / Lucky Chandra Febriana

Febriana, Lucky Chandra (2014) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) fisika materi tekanan mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotor sesuai kurikulum 2013 untuk siswa SMP/MTs / Lucky Chandra Febriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Febriana Lucky Chandra. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika Materi Tekanan Mencakup Ranah Kognitif Afektif dan Psikomotor Sesuai Kurikulum 2013 Untuk Siswa SMP/MTs. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sulur S.Pd M.Si M.T.D (II) Drs. Yudyanto M.Si. Kata kunci Lembar Kerja Siswa (LKS) Kognitif Afektif Psikomotor Kurikulum 2013 Tekanan 12288 12288 12288 12288 LKS merupakan salah satu instrumen untuk lebih mengoptimalkan kegiatan belajar dan mengajar. LKS dapat membantu guru dalam mengkonkritkan konsep atau gagasan dan membantu memotivasi siswa belajar aktif. Berdasarkan hasil observasi di beberapa sekolah toko buku dan di pasaran LKS yang beredar sekarang ini berisi tentang review materi latihan latihan soal dan beberapa tugas kelompok yang berupa percobaan. Percobaan yang disajikan meliputi tuju-an alat dan bahan cara kerja dan pertanyaan. Akan tetapi LKS ini belum sepe-nuhnya menerapkan kurikulum 2013 yang mencakup ranah sikap pengetahuan dan ketrampilan. Kenyataannya dalam proses pembelajaran tugas kelompok yang berupa percobaan ini jarang dilakukan karena siswa seringnya hanya membaca dan mengerjakan latihan latihan soal. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan LKS Fisika SMP/MTs Kelas VIII materi Tekanan untuk ranah kognitif afektif dan psikomotor sesuai dengan kurikulum 2013 dan mengetahui kelayakannya untuk digunakan oleh siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dirancang untuk memperoleh suatu produk. Produk yang dimaksud dalam penelitian ini berupa buku yang berisi kumpulan lembar Kerja Siswa (LKS) yang terbatas pada materi Tekanan SMP/MTs. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan langkah studi pendahuluan penelitian dan pengumpulan data perencanaan pengembang-an draft produk uji coba lapangan revisi produk hasil uji coba penyempurnaan produk. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang berupa uji coba validasi isi dan konstruksi dari LKS serta angket uji coba keterbacaan siswa. Berdasarkan hasil angket validasi dan keterbacaan siswa diperoleh nilai untuk hasil validasi dari isi dan konstruksi LKS dengan nilai 3 42 yang menun-jukkan LKS layak dan valid untuk digunakan. Sedangkan untuk hasil dari angket keterbacaan siswa diperoleh pesentase 91 18 % dari total 17 siswa yang menun-jukkan siswa sebagian besar memahami dan tertarik dengan LKS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18529

Actions (login required)

View Item View Item