Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai penugasan portofolio untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X-Cambridge MA Bilingual Batu / Kholifatul Maghfiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai penugasan portofolio untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X-Cambridge MA Bilingual Batu / Kholifatul Maghfiroh

Maghfiroh, Kholifatul (2014) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai penugasan portofolio untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X-Cambridge MA Bilingual Batu / Kholifatul Maghfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maghfiroh Kholifatul. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Penugasan Portofolio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa X-Cambridge MA Bilingual Batu. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Asim M. Pd (2) Drs. Sumarjono M. Pd. Kata Kunci Inkuiri Terbimbing Portofolio Hasil Belajar. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil ulangan harian sis wa yang ketuntasannya hanya 4 17% dan rerata nilai ulangan hariannya yakni 44 4 dari KKM 79. Hasil belajar siswa yang diukur hanya ranah kognitif saja sedangkan afektif dan psikomotornya sering kali diabaikan karena memang tidak pernah melakukan pembuktian berupa praktikum. Hasil observasi awal pada kelas X-Cambridge MA Bilingual Batu menunjukkan bahwa guru melakukan pembelajaran dengan metode tanya-jawab ceramah dan latihan soal. Metode yang demikian hanya tidak dapat membuat siswa aktif dan fokus dengan pelajaran. Salah satu upaya untuk memecah kan permasalahan tersebut diterapkan suatu pembelajaran dengan model pem be lajaran inkuiri terbimbing disertai penugasan portofolio. Dalam penelitian ini akan diketahui bagaimana keterlaksanaanmodel pembelajaran inkuiri terbimbing disertai penugasan portofolio dan bagaimana hasil belajar fisika siswa setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai penugasan portofolio. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian adalah Tindakan Kelas. Penelitian berlangsung dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan catatan lapangan lembar observasi lembar penilaian afektif dan psikomotor dan tes. Analisis data dalam penelitian ini besifat kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-Cambridge MA Bilingual Batu tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 24 siswa. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan untuk keterlaksanaan 13%. Untuk hasil belajar fisika siswa ranah kognitif dari sebelum tindakan sampai siklus II terjadi peningkatan 28 83%.Untukhasil belajar fisika siswa ranah afektif dan psikomotor pada siklus I sampai siklus II terjadi peningkatan 23 1% dan 21 3%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18527

Actions (login required)

View Item View Item