Validasi instrumen tes isomorfik untuk mendiagnosis miskonsepsi siswa SMA pada materi hukum Newton dan gaya / Fatmaliah Agustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Validasi instrumen tes isomorfik untuk mendiagnosis miskonsepsi siswa SMA pada materi hukum Newton dan gaya / Fatmaliah Agustina

Agustina, Fatmaliah (2014) Validasi instrumen tes isomorfik untuk mendiagnosis miskonsepsi siswa SMA pada materi hukum Newton dan gaya / Fatmaliah Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Agustina Fatmaliah. 2014. Validasi Instrumen Tes Isomorfik untuk Mendiagno sis Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Hukum Newton dan Gaya. Skripsi Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi M.Si (II) Dr. Muhardjito M.S. Kata Kunci miskonsepsi instrumen tes isomorfik validitas empirik. 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui miskonsepsi siswa SMA mengenai materi Hukum Newton dan gaya menggunakan instrumen tes isomorfik dan melalui wawancara. Miskonsepsi siswa menurut analisis instrumen tes isomorfik dibandingkan dengan hasil wawancara untuk menentukan validitas empirik instrumen tes isomorfik dalam mendiagnosis miskonsepsi mengenai materi Hukum Newton dan gaya. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X dan XI program IPA di SMAN 3 Malang. 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan menggunakan rancangan deskriptif-kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari observasi jawaban siswa pada instrumen tes isomorfik dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari data reduction data display dan conclu sion drawing/verification. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SMA mengalami miskonsepsi pada materi Hukum Newton dan gaya. Miskonsepsi mengenai materi Hukum Newton dan gaya menurut analisis instrumen tes isomorfik sesuai dengan hasil wawancara siswa. Oleh karena itu instrumen tes isomorfik dinyatakan valid untuk mendiagnosis miskonsepsi fisika. Selain itu ditemukan pu la bahwa instrumen tes isomorfik yang disusun dengan baik tidak hanya dapat men diagnosis namun juga dapat memetakan level konsepsi mendiagnosis konsepsi resesif serta membedakan antara siswa yang mengalami miskonsepsi dan siswa yang lemah penguasaan konsep dengan cepat dan akurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18525

Actions (login required)

View Item View Item