Pola berpikir siswa dalam memecahkan masalah getaran dan gelombang dengan metode think aloud (studi kasus di SMP Negeri 4 Malang) / Reny Mufidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pola berpikir siswa dalam memecahkan masalah getaran dan gelombang dengan metode think aloud (studi kasus di SMP Negeri 4 Malang) / Reny Mufidah

Mufidah, Reny (2014) Pola berpikir siswa dalam memecahkan masalah getaran dan gelombang dengan metode think aloud (studi kasus di SMP Negeri 4 Malang) / Reny Mufidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mufidah Reny. 2014. Pola Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Getaran dan Gelombang Dengan Metode Think Aloud (Studi Kasus di SMP Negeri 4 Malang). Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Kadim Masjkur M.Pd (2) Dr. H. Sutopo M.Si Kata Kunci Pola Berpikir Dalam Memecahkan Masalah Metode Think Aloud Siswa expert dan novice. 12288 12288 12288 Setiap siswa mempunyai cara yang berbeda dalam memecahkan masalah. Hal ini dilatarbelakangi adanya cara atau bentuk berkembangnya ide dan konsep pada diri siswa. Perbedaan kemampuan dalam memecahkan masalah menjadi latar belakang adanya perbedaan pola berpikir antara siswa expert dan novice. Metode yang digunakan untuk mengungkap pola berpikir siswa dalam penelitian ini adalah metode think aloud. Metode ini menggunakan penyampaian kerja memori otak dengan lisan. Metode think aloud sangat bagus untuk mengeksplorisasi proses berpikir siswa melihat bagaimana siswa mengklarifikasi atau mencari petunjuk untuk memahami permasalahan dan memecahkannya. 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendiskripsikan karakteristik dan pola berpikir 5 siswa expert dan 5 siswa novice dalam memecahkan masalah. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa kata-kata lisan tulisan pekerjaan siswa dan transkrip wawancara siswa dikumpulkan dengan teknik tes tertulis rekaman think aloud wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes uraian dan pedoman wawancara. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa siswa expert dan novice menggunakan strategi dalam memecahkan soal. Siswa expert menganalisis variabel kemudian mengkaitkan dengan prinsip fisika yang sesuai dan menarik kesimpulan/jawaban. Sedangkan siswa novice menyampaikan jawaban kemudian mengkaitkan dengan prinsip fisika tetapi tidak sesuai. Siswa novice hanya menyelesaikan tugas tidak berusaha untuk mencari prinsip-prinsip yang dibutuhkan dalam memecahkan soal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18524

Actions (login required)

View Item View Item