Pengaruh model pembelajaran berbasis problem solving terhadap kemampuan metakognisi siswa kelas X MAN 3 Malang pokok bahasan suhu dan kalor / Reni Apriani

Apriani, Reni (2014) Pengaruh model pembelajaran berbasis problem solving terhadap kemampuan metakognisi siswa kelas X MAN 3 Malang pokok bahasan suhu dan kalor / Reni Apriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Apriani, Reni. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Problem Solving Terhadap Kemampuan Metakognisi Siswa Kelas X MAN 3 Malang Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor. Skripsi, Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Agus Suyudi, M.Pd (II) Sujito, S.Pd, M.Si Kata kunci : problem solving, metakognisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan metakognisi dan keterampilan metakognisi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis problem solving dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan Posttest Only Group Design. Variabel penelitian meliputi variabel bebas (model pembelajaran) dan variabel terikat (kemampuan metakognisi). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Uji hipotesis dengan uji-t untuk mengetahui perbedaan kemampuan dan keterampilan metakognisi siswa kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis problem solving dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kemampuan metakognisi siswa dari tes yang berkonten fisika dan data keterampilan metakognisi yang diperoleh dari angket. Rata-rata skor kemampuan metakognisi siswa kelas eksperimen 73 dan rata-rata skor kemampuan metakognisi siswa kelas kontrol adalah 72. Rata-rata skor angket keterampilan metakognisi untuk siswa kelas eksperimen adalah 94 dan rata-rata skor angket keterampilan metakognisi untuk siswa kelas kontrol adalah 93. Hasil uji hipotesis diperoleh pada kemampuan metakognisi nilai ttabel = 1,6905 dan thitung = 0,3143. Karena thitung < ttabel maka H0 diterima. Tidak terdapat perbedaaan signifikan kemampuan metakognisi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis problem solving dan model pembelajaran konvensional. Pada keterampilan metakognisi diperoleh nilai ttabel = 1,6905 dan thitung = 0,4538. Karena thitung < ttabel maka H0 diterima. Tidak terdapat perbedaaan signifikan keterampilan metakognisi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis problem solving dan pembelajaran konvensional. Kesimpulan penelitian adalah model pembelajaran berbasis problem solving belum berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan dan keterampilan metakognisi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18523

Actions (login required)

View Item View Item