Soleh, Afif Andriawan (2014) Pengembangan buku panduan guru dalam mengembangkan tugas proyek berbasis inquiry training bagi siswa SMA pada materi fluida dilengkapi ICT video / Afif Andriawan Soleh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Soleh Afif Andriawan. 2014. Buku Panduan Guru dalam Mengembangkan Tugas Proyek Berbasis Inquiry Training bagi Siswa SMA pada Materi Fluida dilengkapi ICT Video. Skripsi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra Endang Purwaningsih M.Si (II) Drs. Winarto M.Pd. Kata kunci Tugas Proyek Inquiry Training Buku Panduan. Tugas proyek merupakan salah satu pembelajaran yang ada pada kurikulum 2013. Tugas proyek sangat penting dalam rangka mendukung proses belajar dan memberikan penekanan pada aspek proses dan produk sains. Setidaknya pembelajaran fisika dalam satu semester dilakukan dengan memberikan tugas proyek dan mengajak siswa untuk menemukan sendiri pengetahuannya. Hasil studi lapangan menyatakan guru jarang memberikan tugas proyek ke siswa guru tidak dapat mengembangkan tugas proyek dan guru memerlukan panduan membuat produk proyek. Pentingnya buku panduan dengan spesifikasi tersebut peneliti ingin mengembangkan buku panduan guru dalam mengembangkan tugas proyek berbasis inquiry trainingdilengkapi ICT video. Buku panduan guru menerapkan model penelitian dan pengembangan Borg Gall yang dimodifikasi oleh Arifin. Tahap penelitian dan pengembangan meliputi (1) studi lapangan (2) perencanaan (3) pengembangan produk tahap awal (4) uji coba tahap awal dan (5) perbaikan produk awal. Buku panduan yang telah disusun kemudian divalidasi oleh ahli. Instrument validasi terdiri dari validasi umum dan validasi khusus.Saran dan komentator validator direvisi untuk selanjutnya dilakukan uji coba terbatas. Uji coba terbatas bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan buku panduan guru.Instrumen validasi dan uji coba terbatas menggunakan angket dengan skala guttman. Penggunaan skala guttman dilakukan karena peneliti menginginkan jawaban yang tegas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku panduan guru yang dikembangkan sudah sangat valid terlihat dari nilai validasi umun yaitu 98% dan untuk validasi khusus 100%. Buku panduan guru tetap direvisi berdasarkan saran dan komentar validator untuk selanjutnya uji coba terbatas. Tingkat kelayakan berdasarkan uji coba terbatas menunjukan sangat layak yaitu 87%. Hasil angket uji coba terbatas juga menunjukkan ketermanfaatan bagi guru setelah menggunakan buku panduan guru ingin mengembangkan tugas proyek berbasis inquiry training. Komentar dan saran dari uji coba terbatas digunakan untuk merevisi buku panduan sehingga menghasilkan produk yang dapat difungsikan dengan layak
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18522 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |