Pengembangan instrumen penilaian berbasis reading comprehension materi energi untuk mendiagnosis kemampuan berpikir kritis siswa SMP / Firda Fauziah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian berbasis reading comprehension materi energi untuk mendiagnosis kemampuan berpikir kritis siswa SMP / Firda Fauziah

Fauziah, Firda (2014) Pengembangan instrumen penilaian berbasis reading comprehension materi energi untuk mendiagnosis kemampuan berpikir kritis siswa SMP / Firda Fauziah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fauziah Firda. 2014. Pengembangan Intrumen Penilaian Berbasis Reading Comprehension Materi Energi untuk Mendiagnosis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhardjito M. S (II) Drs. Asim M. Pd. Kata Kunci berpikir kritis reading comprehension. Penanaman kebiasaan berpikir kritis memberikan dampak positif bagi siswa untuk mampu mempersiapkan diri pada berbagai disiplin ilmu serta dapat memenuhi kebutuhan intelektual dan pengembangan potensi diri. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam mengembangkan berpikir kritis diperlukan instrumen penilaian yang dapat mendiagnosis kemampuan berpikir kritis. Supaya siswa mampu berpikir kritis maka siswa harus membaca kritis. Membaca kritis menuntut pembaca untuk memahami seluruh isi yang tertera bahkan kemampuan dalam menganalisis mengevaluasi dan mengaplikasikan informasi isi bacaan. Oleh karena itu dikembangkan instrumen penilaian berbasis reading comprehension untuk mendiagnosis kemampuan bepikir kritis siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Reseach and Development (R D). Secara garis besar langkah penelitian terdiri dari tiga langkah yaitu studi pendahuluan pengembangan produk dan implementasi produk. Studi pendahuluan dalam penelitian ini diawali mengkaji indikator berpikir kritisi yang dikembangkan kemudian dilakukan pengembangan produk berupa instrumen penilaian berbasis reading comprehension. Setelah instrumen divalidasi oleh ahli dan praktisi selanjutnya dilakukan revisi dan uji coba.Validasi instrumen berbasis reading comprehension dilakukan oleh ahli. Validator ahli yaitu dosen fisika Universitas Negeri Malang dan validator praktisi adalah guru. Berdasarkan hasil validasi diperoleh persentase 92 36% dengan kriteria layak. Untuk menyempurnakan instrumen dilakukan revisi berdasarkan saran dan komentar dari hasil validasi ahli. Instrumen penilaian berbasis reading comprehension yang telah divalidasi kemudian diuji cobakan kepada siswa SMP. Berdasarkan instrumen penilaian berbasis reading coprehension diketahui kriteria kemampuan berpikir kritis siswa SMP melalui skor yang diperoleh siswa berdasarkan jawaban siswa yang disesuaikan dengan indikator berpikir kritis. Penelitian ini menunjukkan bahwa melalui instrumen penilaian berbasis reading comprehension dapat digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Karena dalam proses membaca terjadi proses menganalisis mengevaluasi dan mengidentifikasi teks bacaan. Siswa yang kritis akan menjawab soal sesuai dengan kriteria berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18521

Actions (login required)

View Item View Item