Pengaruh model pembelajaran levels of inquiry terhadap keterampilan proses sains terpadu dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI SMAN 2 Probolinggo / Desita Tri Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran levels of inquiry terhadap keterampilan proses sains terpadu dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI SMAN 2 Probolinggo / Desita Tri Anggraini

Anggraini, Desita Tri (2014) Pengaruh model pembelajaran levels of inquiry terhadap keterampilan proses sains terpadu dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI SMAN 2 Probolinggo / Desita Tri Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Levels of Inquiry terhadap Keterampilan Proses Sains Terpadu dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 2 Probolinggo. Skripsi. Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhardjito M.S. (II) Drs. Sutarman M. Pd. Kata Kunci Levels of Inquiry Keterampilan Proses Sains Terpadu Prestasi Belajar 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa pembelajaran fisika di sekolah lebih banyak pada penjelasan guru mengenai konsep. Selain itu keterampilan proses sains siswa juga kurang memadai karena pembelajaran yang diajarkan cenderung pada penguasaan konsep saja. Model pembelajaran berbasis inkuiri menekankan pada pengalaman belajar secara langsung agar siswa mengoptimalkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika. 12288 12288 12288 Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Only Posttest Control Design. Data yang diperoleh dari penelitian yaitu skor keterampilan proses sains terpadu dan prestasi belajar fisika. Pengujian normalitas dilakukan dengan uji Liliefors dan pengujian homogenitas varians menggunakan uji Bartlett. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji t dilanjutkan dengan penentuan rerata sekor kedua kelas. 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains terpadu kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran Levels of Inquiry lebih tinggi daripada kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini didasarkan pada hasil uji t untuk keterampilan proses sains terpadu diperoleh thitung 6 293 2 01 (t51 0 05). Rerata skor keterampilan proses sains terpadu siswa yang menggunakan model pembelajaran Levels of Inquiry lebih tinggi daripada kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 19 11 17 72. 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar fisika kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran Levels of Inquiry lebih tinggi daripada kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil uji t untuk prestasi belajar fisika diperoleh thitung 8 246 2 01 (t51 0 05). Rerata skor prestasi belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran Levels of Inquiry lebih tinggi daripada kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 17 79 13 72.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18520

Actions (login required)

View Item View Item