Pengembangan e-scaffolding termodinamika berbasis pembelajaran hybrid untuk menumbuhkan sikap ilmiah dan prestasi belajar fisika / Yessi Affriyenni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-scaffolding termodinamika berbasis pembelajaran hybrid untuk menumbuhkan sikap ilmiah dan prestasi belajar fisika / Yessi Affriyenni

Affriyenni, Yessi (2014) Pengembangan e-scaffolding termodinamika berbasis pembelajaran hybrid untuk menumbuhkan sikap ilmiah dan prestasi belajar fisika / Yessi Affriyenni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Affriyenni Yessi. 2014. Pengembangan E-Scaffolding Termodinamika Berbasis Pembelajaran Hybrid untuk Menumbuhkan Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Fisika. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Purbo Suwasono M.Si (II) Dr. Supriyono Koes Handayanto M.Pd M.A. Kata kunci e-scaffolding termodinamika pembelajaran hybrid sikap ilmiah prestasi belajar 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil tes pemetaan ZPD yang telah dilakukan pada studi pendahuluan sebanyak 76% mahasiswa pendidikan fisika belum memenuhi kompetensi profesional yang dibutuhkan untuk menjadi guru. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan nilai rata-rata hasil pemetaan ZPD yang tergolong rendah yaitu 52 45. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan dengan 20 orang mahasiswa kekurangan tersebut salah satunya disebabkan oleh kurangnya kemampuan mahasiswa dalam menggunakan pola pikir tingkat tinggi. Penelitian terdahulu yang telah dilakukan Koes H (2012) menunjukkan bahwa penggunaan scaffolding memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar. Kemudahan yang ditawarkan melalui penggunaan teknologi komputer dilengkapi internet yang berkembang pesat menjadi daya tarik di kalangan mahasiswa sehingga dikembangkanlah website e-scaffolding termodinamika ini. Sayangnya selama ini fasilitas online digunakan secara terpisah di luar jam perkuliahan berupa e-learning sehingga hasil yang diperoleh belum maksimal seperti ditunjukkan oleh rata-rata hasil pemetaan ZPD di atas. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan website e-scaffolding termodinamika berbasis pembelajaran hybrid untuk menumbuhkan sikap ilmiah dan prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Fisika pada matakuliah Fisika Dasar II. 12288 12288 12288 12288 Rancangan pengembangan website e-scaffolding termodinamika ini mengacu pada rancangan penelitian dan pengembangan (R D) Borg dan Gall yang bertujuan menghasilkan dan menguji kelayakan produk. Penelitian pengembangan ini hanya menggunakan lima langkah dari sepuluh langkah yaitu 1) studi pendahuluan 2) perencanaan 3) pengembangan produk tahap awal 4) uji coba terbatas dan 5) revisi produk. Produk divalidasi melalui dosen validator ahli materi dan dosen validator ahli media kemudian diujicobakan pada 20 orang mahasiswa yang telah menempuh matakuliah Fisika Dasar II. Data yang diperoleh dari hasil validasi dan uji coba adalah berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa komentar dan saran sebagai masukan untuk revisi produk. Data kuantitatif berupa deskripsi kelayakan berupa skala penilaian dari angket ceklis dengan Skala Likert yang digunakan untuk menguji kelayakan produk. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil analisis data sebelum revisi secara substansial produk tergolong kategori baik dan layak dengan skala penilaian 3 78 berdasarkan skala Likert dari skala maksimum 4. Dari segi tampilan produk sudah cukup baik dengan skala penilaian 3 16. Komentar dan saran dari validator ahli dan pengguna dijadikan masukan revisi untuk memperoleh produk akhir website e-scaffolding termodinamika yang secara keseluruhan layak digunakan dalam perkuliahan Fisika Dasar II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18518

Actions (login required)

View Item View Item