Pengembangan E-Scaffolding bunyi berbasis pembelajaran hibrid untuk menumbuhkan kerja ilmiah dan prestasi belajar fisika / Iffa Dwi Cahyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan E-Scaffolding bunyi berbasis pembelajaran hibrid untuk menumbuhkan kerja ilmiah dan prestasi belajar fisika / Iffa Dwi Cahyani

Cahyani, Iffa Dwi (2014) Pengembangan E-Scaffolding bunyi berbasis pembelajaran hibrid untuk menumbuhkan kerja ilmiah dan prestasi belajar fisika / Iffa Dwi Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Cahyani Iffa Dwi. 2014. Pengembangan E-scaffolding Bunyi Berbasis Pembelajaran Hibrid untuk Menumbuhkan Kerja Ilmiah dan Prestasi Belajar Fisika.Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Supriyono Koes Handayanto M.Pd M.A (II) Drs. Purbo Suwasono M.Si. Kata Kunci kerja ilmiah scaffolding pembelajaran hibrid prestasi belajar. Fisika Dasar merupakan matakuliah yang wajib ditempuh mahasiswa pendidikan fisika sebagai dasar untuk menempuh matakuliah selanjutnya. Namun banyak mahasiswa mengalami kesulitan dalam belajar Fisika Dasar. Oleh karena itu dikembangkan e-scaffolding untuk materi bunyi. Website pembelajaran sebelumnya hanya menyampaikan ringkasan dan/atau latihan sementara e-scaffolding menyajikan ringkasan dan latihan yang disertai scaffold yaitu menyediakan bantuan ketika seorang mahasiswa mengalami kesulitan untuk menyelesaikan tugas. Menurut Vygotsky dalam Ormrod (2009 59) anak akan belajar bila mengerjakan tugas yang hanya bisa diselesaikan dengan bimbingan atau tugas yang berada dalam ZPD mereka. Penggunaan e-scaffolding pada materi bunyi berarti memberikan bimbingan memahami suatu materi. Dalam perkuliahan peran dosen selalu dibutuhkan sebagai pendamping sehingga disusunlah suatu pembelajaran hibrid yang mengkombinasikan tatap muka dan penggunaan e-scaffolding. E-scaffolding digunakan pada kegiatan diskusi pada pembelajaran hibrid. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan rancangan pengembangan Borg dan Gall (1983). Instrumen pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Penilaian terhadap produk penelitian dan pengembangan adalah validasi dan uji coba terbatas untuk mengetahui kualitas produk oleh pengguna. Subjek pengembangan dalam penelitian ini adalah dosen Fisika Universitas Negeri Malang dan mahasiswa pendidikan fisika angkatan 2011 yang telah menempuh matakuliah Fisika Dasar II. Data hasil penilaian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh berdasarkan penilaian pada angket validator dan subjek uji coba terbatas dengan skala Likert. Data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran validator. Validator berasal dari dosen ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian pengembangan menghasilkan produk website e-scaffolding yang berisi ringkasan materi dan soal latihan yang disertai scaffolding untuk materi bunyi pada Fisika Dasar II. E-scaffolding berisi soal yang dapat menumbuhkan kerja ilmiah dan prestasi belajar mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa produk website e-scaffolding termasuk dalam kriteria baik sehingga perlu sedikit revisi. Berdasarkan data kualitatif produk telah dilakukan revisi sesuai dengan komentar dan saran validator ahli media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18517

Actions (login required)

View Item View Item