Pengembangan tes formatif berbasis game pada perangkat bergerak untuk kompetensi dasar menganalisis hubungan antara gaya, massa, dan gerakan benda pada gerak lurus bagi siswa SMA / Eva Permata Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan tes formatif berbasis game pada perangkat bergerak untuk kompetensi dasar menganalisis hubungan antara gaya, massa, dan gerakan benda pada gerak lurus bagi siswa SMA / Eva Permata Sari

Sari, Eva Permata (2014) Pengembangan tes formatif berbasis game pada perangkat bergerak untuk kompetensi dasar menganalisis hubungan antara gaya, massa, dan gerakan benda pada gerak lurus bagi siswa SMA / Eva Permata Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sari Eva P. 2014. Pengembangan Tes Formatif Berbasis Game pada Perangkat Bergerak untuk Kompetensi Dasar Menganalisis Hubungan Antara Gaya Massa dan Gerakan Benda pada Gerak Lurus bagi Siswa SMA. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi S.Pd M.Si (II) Drs. Widjianto M. Kom. Kata Kunci tes formatif tes formatif berbasis game pada perangkat bergerak hukum newton Tes seringkali digunakan untuk memberi skor kepada siswa dan untuk membedakan siswa pintar dengan siswa yang kurang pintar dalam kelas bukan untuk memfasilitasi siswa dengan memberikan feedback yang efektif. Banyaknya siswa dan kurangnya alokasi waktu menyebabkan guru tidak dapat memperhatikan siswa secara intens dan memberikan feedback secara cepat dan tepat untuk masing-masing siswa. Perlu suatu media untuk melakukan tes formatif yang bisa memberikan feedback dengan cepat bagi siswa dan juga guru. Jadi penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan kelayakan suatu tes formatif berbasis game pada perangkat bergerak untuk kompetensi dasar menganalisis hubungan antara gaya massa dan gerakan benda pada gerak lurus bagi siswa SMA. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan oleh Borg Gall. Kegiatan validasi meliputi validasi produk pengembangan dan validasi soal pilihan ganda sebagai komponen produk. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk penilaian validator dan uji kualitas produk oleh pengguna dalam uji coba terbatas. Validasi dilaksanakan oleh validator yang berasal dari pihak guru dan dosen. Uji coba terbatas dilakukan pada 10 siswa SMAN 7 Malang. Jenis data penelitian meliputi data kuantitatif berupa penilaian validator dan tanggapan siswa berdasarkan skala Likert serta data kualitatif berupa komentar dan saran yang diberikan oleh validator dan siswa selaku pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan termasuk dalam kategori baik sehingga tidak memerlukan revisi. Berdasarkan data kualitatif produk telah direvisi berdasarkan komentar dan saran validator dan siswa. Produk yang dihasilkan sudah dikatakan layak namun masih memerlukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut serta uji coba yang berulang agar lebih bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18514

Actions (login required)

View Item View Item