Pengaruh pendekatan berbasis induktif tipe Problem Based Learning (PBL) terhadap optimalisasi pemahaman konsep fisika siswa kelas X SMAN 8 Malang / Hanifatur Rosyidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan berbasis induktif tipe Problem Based Learning (PBL) terhadap optimalisasi pemahaman konsep fisika siswa kelas X SMAN 8 Malang / Hanifatur Rosyidah

Rosyidah, Hanifatur (2014) Pengaruh pendekatan berbasis induktif tipe Problem Based Learning (PBL) terhadap optimalisasi pemahaman konsep fisika siswa kelas X SMAN 8 Malang / Hanifatur Rosyidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rosyidah Hanifatur. 2014. Pengaruh Pendekatan Berbasis Induktif Tipe Problem Based Learning (PBL) Terhadap Optimalisasi Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X SMAN 8 Malang. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Agus Suyudi M.Pd (II) Drs. Mudjihartono. Kata Kunci pendekatan berbasis induktif problem based learning pemahaman konsep fisika 12288 12288 12288 12288 Rendahnya konsep diri merupakan dampak dari guru jarang menerapkan pembelajaran yang berbasis masalah dunia nyata pengalaman nyata refleksi pengalaman dan generalisasi konsep. Proses pembelajaran yang cenderung mengabaikan pengalaman belajar akan berdampak buruk pada pemahaman konsep siswa khususnya dalam bidang fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konsep fisika siswa yang menggunakan pendekatan berbasis induktif tipe PBL lebih baik daripada siswa yang menggunakan model konvensional. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan posttest control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling siswa kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan berbasis induktif tipe PBL dan siswa kelas X MIA 5 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu tes untuk mengukur pemahaman konsep fisika siswa berupa soal-soal uraian. Data pemahaman konsep yang berupa tes dianalisis menggunakan analisis uji-t. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 0 05 didapatkan thitung ttabel(69 0 05) yaitu 3 4061 1 9953 sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan pemahaman konsep antara kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan induktif tipe PBL dan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional serta pemahaman konsep kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18511

Actions (login required)

View Item View Item