Profil kemampuan memecahkan masalah keseimbangan benda tegar siswa kelas XIA2 SMAN 1 Sambit Ponorogo ditinjau dari prestasi belajar siswa / Joko Setiono - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil kemampuan memecahkan masalah keseimbangan benda tegar siswa kelas XIA2 SMAN 1 Sambit Ponorogo ditinjau dari prestasi belajar siswa / Joko Setiono

Setiono, Joko (2014) Profil kemampuan memecahkan masalah keseimbangan benda tegar siswa kelas XIA2 SMAN 1 Sambit Ponorogo ditinjau dari prestasi belajar siswa / Joko Setiono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiono Joko. 2014. Profil Kemampuan Memecahkan Masalah Keseimbangan Benda Tegar Siswa Kelas XIA2 SMAN 1 Sambit Ponorogo Ditinjau Dari Prestasi Belajar Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Subani (2) Sugiyanto S.Pd. M.Si. Kata Kunci Memecahkan masalah Masalah keseimbangan benda tegar Prestasi belajar siswa Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas XIA2 SMAN 1 Sambit menyatakan bahwa bentuk instrumen penilaian yang dijadikan tolak ukur adalah soal uraian yang menuntut kemampuan memecahan masalah. Materi yang dirasa paling sulit oleh siswa adalah keseimbangan benda tegar yang ditunjukan oleh nilai ulangan harian sehingga kajian kemampuan siswa dalam memecahkan suatu masalah pada materi keseimbangan benda tegar menjadi penting.Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan profil kemampuan memecahkan masalah keseimbangan benda tegar siswa kelas XIA2 ditinjau dari prestasi belajar siswa. Profil kemampuan memecahkan masalah pada penelitian ini meliputi tahapan memahami masalah menyusun rencana penyelesaian melaksanakan penyelesaian dan memeriksa kembali jawaban. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenisnya deskriptif kualitatif. Subyek pada penelitian ini adalah 12 siswa kelas XIA2 SMAN 1 Sambit yang terdiri dari masing-masing 3 siswa kategori prestasi belajar sangat tinggi tinggi cukup dan rendah. Data penelitian ini diperoleh dengan metode tes dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan tahapan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subyek dengan prestasi belajar sangat tinggi memiliki kemampuan sangat baik dalam memahami masalah merencanakan pemecahan masalah melaksanakan penyelesaian dan memeriksa kembali jawaban. Subyek dengan prestasi belajar tinggi memiliki kemampuan memahami masalah kategori sangat baik dan baik merencanakan pemecahan masalah kategori sangat baik dan cukup melaksanakan penyelesaian kategori baik dan serta memeriksa kembali jawaban dalam kurang. Subyek dengan prestasi belajar cukup memiliki kemampuan memahami masalah kategori sangat baik dan baik merencanakan pemecahan masalah dan melaksanakan penyelesaian kategori cukup serta memeriksa kembali jawaban kategori kurang.Subyek dengan prestasi belajar rendah memiliki kemampuan memahami masalah kategori sangat baik dan baik merencanakan pemecahan masalah kategori kurang melaksanakan penyelesaian kategori cukup dan memeriksa kembali jawaban kategori kurang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18510

Actions (login required)

View Item View Item