Jamil, Noer Asiyah (2014) Pengembangan multimedia interaktif fisika berbasis kontekstual pada materi hukum Newton tentang gerak untuk siswa SMA kelas X / Noer Asiyah Jamil. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Jamil Noer Asiyah. 2013. Pengembangan Multimedia Interaktif Fisika Berbasis Kontekstual pada Materi Hukum Newton tentang Gerak untuk Siswa SMA Kelas X. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mudjihartono (II) Dra. Hartatiek M.Si. Kata Kunci Multimedia interaktif kontekstual Hukum Newton tentang Gerak Pembelajaran fisika bertujuan untuk membekali siswa penge tahuan pemahaman dan sejumlah kemampuan untuk meng kembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk mencapai tujuan tersebut pem belajaran fisika harus menekan- kan pada pemahaman konsep yang baik. Pemahaman konsep tentang Hukum Newton yang merupakan materi fundamental dalam mempelajari fisika harus benar-benar baik. Namun dalam penyampaian materi Hukum Newton di sekolah masih belum optimal dengan ditunjukkan rendahnya nilai mata pelajaran fisika. Penelitian bertujuan untuk 1) mengembangkan multimedia interaktif fisika berbasis kontesktual materi Hukum Newton tentang Gerak untuk siswa SMA kelas X dan 2) menguji kelayakan multimedia interaktif fisika berbasis kontekstual materi Hukum Newton tentang Gerak untuk siswa SMA kelas X. Pengembangan ini diadaptasi dari rancangan pengembangan Borg and Gall. Instrumen yang digunakan untuk menguji produk adalah angket. Penilaian terhadap produk pengembangan melalui validasi dan uji coba terbatas. Validasi digunakan untuk mengetahui kelayakan produk sedangkan uji coba terbatas digunakan untuk menge tahui respon siswa terhadap multimedia interaktif fisika berbasis kontekstual materi Hukum Newton. Data hasil penilaian berupa data kuantitatifdan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh berdasarkan penilaian pada angket validasi angket respon siswa pada produk pengembangan. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari komentardan saran dari validator. Validator adalah dari dosen dan guru SMA ahli materi serta dosen ahli media. Berdasarkan hasil penelitian hasil uji kelayakan materi dan media men-tunjukkan bahwa multimedia interaktif fisika ini termasuk kategori baik dan layak untuk digunakan dalam pem belajaran fisika di kelas. Hasil uji coba terbatas pada 10 siswa men unjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran yakni nilai pada aspek tampilan penyajian sebesar 3 65 yang berkategori baik aspek keterbacaan sebesar 3 60 yang berkategori baik dan aspek penggunaan/ kemanfaatan sebesar 3 64 yang berkategori baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Feb 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18504 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |