Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) pada okok bahasan impuls dan momentum untuk siswa SMA kelas XI IPA / Miftachul Choiriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) pada okok bahasan impuls dan momentum untuk siswa SMA kelas XI IPA / Miftachul Choiriyah

Choiriyah, Miftachul (2014) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) pada okok bahasan impuls dan momentum untuk siswa SMA kelas XI IPA / Miftachul Choiriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Choiriyah Miftachul. 2013. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Fisika Berbasis REACT (Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring) pada Pokok Bahasan Impuls dan Momentum Untuk Siswa SMA Kelas XI IPA. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Kadim Masjkur Drs. M.Pd (2) Yudyanto Drs. M.Si. Kata Kunci pengembangan lembar kegiatan siswa fisika SMA REACT Impuls dan Momentum. 12288 12288 12288 12288 Fisika masih menjadi pelajaran yang dianggap kurang menyenangkan dan sulit dipahami oleh sebagain besar siswa. Ketika mengerjakan soal-soal fisika siswa merasa kesulitan dan melakukan kesalahan. Kesulitan ini bisa disebabkan dari faktor internal siswa ataupun faktor eksternal. Faktor internal bisa berupa kurangnya motivasi belajar siswa. Faktor eksternal bisa pada proses pembelajaran yang kurang mendukung siswa untuk berproses aktif membangun sendiri pengetahuannya mengaitkan dengan kehidupan nyata dan menerapkan pengetahuan pada konteks baru.Dalam hal ini LKS berbasis REACT dapat menjadi alternatif sumber belajar bagi siswa. Penulis berharap LKS REACT dapat membantu peserta didik untuk belajar sehingga mampu menguasai materi Impuls dan Momentum. Oleh karena itu dilakukan penelitian dan pengembangan dengan tujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan LKS berbasis REACT pada pokok bahasan Impuls dan Momentum. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang disusun dengan memodifikasi sepuluh langkah penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Borg dan Gall. Penelitian ini mengacu pada model penelitian prosedural deskriptif. Pada penelitian ini diambil 3 tahapan utama yang dilaksanakan meliputi (1) tahap studi pendahuluan yang terdiri dari (a) studi kepustakaan dan (b) pengamatan lapangan (2) tahap pengembangan yang terdiri dari (a) penyusunan draft awal (b) validasi para ahli dan (c) evaluasi dan revisi draft produk (3) Pengujian yang terdiri dari (a) uji coba terbatas (b) revisi akhir produk. Uji kelayakan pada aspek isi dan konstruk dilakukan oleh ahli dibidangnya yang terdiri dari tiga orang guru fisika SMA. Ujicoba terbatas dilakukan di kelas XI IPA-C SMAN 2 Tuban yang terdiri dari 31 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket validasi dan angket respon siswa. Jenis data penelitian terdiri dari data kuantitatif berupa penilaian dan kualitatif berupa komentar dan saran. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis data hasil penilaian LKS berbasis REACT dari validator menggunakan teknik nilai rata-rata diperoleh nilai rata-rata kelayakan sebesar 3 30 yang termasuk pada kriteria layak. Dari analisis hasil ujicoba terbatas pada 31 siswa SMA diperoleh nilai rata-rata kelayakan 3 37 yang memenuhi kriteria layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18503

Actions (login required)

View Item View Item