Choiri, Amirul (2014) Pengaruh model pembelajaran 5E-learning cycles terhadap keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI SMAN 1 Malang tahun ajaran 2013/2014 / Amirul Choiri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Choiri Amirul. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran 5E-Learning Cycles terhadap Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 1 Malang Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Suyudi M.Pd. (II) Drs. Mudjihartono Kata Kunci 5E-Learning Cycle Keterampilan Proses Sains Prestasi Belajar Konstruktivisme adalah salah satu filsafat pengetahuan yang menekankan bahwa perolehan pengetahuan merupakan hasil konstruksi (bentukan) sendiri. Siklus belajar (learning cycle) merupakan pendekatan yang ampuh untuk pem-belajaran IPA yang aktif dan efektif karena memberikan suatu cara berpikir dan berperilaku yang konsisten dengan cara siswa belajar. Salah satu yang menjadi tujuan dalam mata pelajaran IPA (fisika) untuk SMA/MA adalah memupuk sikap ilmiah yaitu jujur obyektif terbuka ulet kritis dan mampu bekerjasama dengan orang lain. Di samping itu pembelajaran Fisika diharapkan mampu mengem-bangkan pengalaman untuk dapat merumuskan masalah mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan merancang dan merakit instrumen percobaan me-ngumpulkan mengolah dan menafsirkan data serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis. Salah satu kegiatan pembelajaran yang sesuai untuk mewujudkan tujuan di atas adalah melalui kegiatan hands on salah satu diantaranya adalah melalui kegiatan praktikum yang dilakukan oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui pengaruh pembelajaran dengan model 5E-Learning Cycle dan model konvensional terhadap keterampilan proses sains siswa 2) mengetahui pengaruh pembelajaran dengan model 5E-Learning Cycle dan model konvensional terhadap prestasi belajar fisika siswa. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian quasi-experiment. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent-Groups Pretest-Posttest Design. Dalam penelitian ini yang digunakan sebagai sampel adalah kelas XI IPA 5 dan XI IPA 3 dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Malang tahun ajaran 2013/2014. Prosedur dan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dimana penunjukan sampel didasarkan atas saran ahli. Analisis hipotesis penelitian ini menggunakan uji-t berbantuan program SPSS for Windows 17.0. Berdasarkan hasil analisis perbedaan kemampuan awal kedua kelas didapatkan t hitung 2.31 2.03 (t tabel .05) disimpulkan terdapat perbedaan yang relatif kecil antara kedua kelas. Mengenai variabel keterampilan proses sains t hitung 8.20 2.03 (t tabel .05) disimpulkan terdapat perbedaan keterampilan proses sains yang signifikan antara kedua kelas dengan nilai rerata kelas eksperimen sebesar 21.48 dan kelas kontrol sebesar 18.63. Sedangkan pada variabel prestasi belajar didapatkan t hitung 4.07 2.03 (t tabel .05) sehingga disimpulkan terdapat perbedaan prestasi belajar fisika yang cukup signifikan antara kedua kelas dengan nilai rerata kelas eksperimen sebesar 69.14 dan kelas kontrol sebesar 55.04.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jan 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18502 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |