Academic performance ditinjau dari effect student burnout dan lingkungan keluarga siswa kelas XI akutansi di SMK Negeri 1 Boyolangu tulungagung / Muhammad Hafif Afanililah - Repositori Universitas Negeri Malang

Academic performance ditinjau dari effect student burnout dan lingkungan keluarga siswa kelas XI akutansi di SMK Negeri 1 Boyolangu tulungagung / Muhammad Hafif Afanililah

Afanililah, Muhammad Hafif (2020) Academic performance ditinjau dari effect student burnout dan lingkungan keluarga siswa kelas XI akutansi di SMK Negeri 1 Boyolangu tulungagung / Muhammad Hafif Afanililah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh effect student burnout dan lingkungan keluarga secara parsial terhadap academic performance siswa. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena academic performance pada siswa yang tidak maksimal yang disebabkan oleh dua faktor paling dominan yang mempengaruhinya yaitu effect student burnout dan Lingkungan Keluarga siswa. Effect student burnout menyebabkan siswa merasa lelah apatis dan sinis terhadap kegiatan akademiknya sehingga menyebabkan pencapaian pribadi menurun. Lingkungan keluarga memiliki hubungan sosial yang bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak jika lingkungan keluarga buruk maka bisa memunculkan masalah seperti menurunnya prestasi belajar anak. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 144 siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung. Sampel penelitian sebanyak 103 siswa. Penentuan anggota sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata student burnout siswa berada dalam kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 31 08% dan rata-rata lingkungan keluarga siswa berada pada kategori ragu-ragu atau netral dengan persentase sebesar 50 49%. Hasil analisis linier berganda menunjukkan bahwa variabel effect student burnout memiliki pengaruh signifikan negatif terhadap accademic performance siswa dengan nilai koefesien sebesar -0 641 artinya semakin rendah effect student burnout pada siswa maka semakin tinggi accademic performance yang dicapai oleh siswa tersebut. Kemudian variabel lingkungan keluarga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan positif terhadap accademic performance siswa dengan nilai koefesien sebesar 0 444 yang artinya semakin baik lingkungan keluarga pada siswa maka semakin tinggi pula accademic performance yang dicapi oleh siswa tersebut. Berdasarkan hasil penelitian saran bagi siswa yaitu guna meningkatkan accademic performance para siswa perlu menyadari untuk lebih konsen terhadap kegiatan belajar serta para siswa harus memiliki tekad yang kuat untuk menciptakan motivasi belajar pada diri sendiri serta menggunakan waktu sebaik mungkin. Saran untuk oranag tua siswa yaitu guna meningkatkan accademic performance pada anak orang tua perlu meningkatkan perhatian terhadap belajar anak sehingga perhatian tersebut diharapkan dapat membuat suasana belajar yang baik dan kondusif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/185014

Actions (login required)

View Item View Item