Pengaruh kecerdasan logika-matematis, kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan intrapersonal terhadap tingkat pemahaman pengantar akuntansi pada mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Negeri Malang / Rini Adriani Auliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kecerdasan logika-matematis, kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan intrapersonal terhadap tingkat pemahaman pengantar akuntansi pada mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Negeri Malang / Rini Adriani Auliana

Auliana, Rini Adriani (2020) Pengaruh kecerdasan logika-matematis, kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan intrapersonal terhadap tingkat pemahaman pengantar akuntansi pada mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Negeri Malang / Rini Adriani Auliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Memahami pengantar akuntansi sangat penting bagi mahasiswa jurusan akuntansi untuk memudahkannya mempelajari mata kuliah akuntansi berikutnya seperti akuntansi keuangan menengah dan akuntansi keuangan lanjutan. Mahasiswa yang memiliki pemahaman pengantar akuntansi rendah akan mengalami kesulitan mempelajari mata kuliah akuntansi lanjutan. Oleh karena itu pemahaman pengantar akuntansi yang kuat sangat diperlukan untuk mempermudah mahasiswa dalam memahami mata kuliah akuntansi lanjutan yang lebih kompleks dan untuk mencegah ketidakmampuan mahasiswa dalam menjelaskan konsep akuntansi secara luas. Salah satu faktor yang memengaruhi tingkat pemahaman pengantar akuntansi adalah kecerdasan. Penelitian ini membahas kecerdasan yang memengaruhi pemahaman pengantar akuntansi berdasarkan teori multiple intelligences Howard Gardner. Tujuan penelitian adalah mengetahui (1) Pengaruh kecerdasan logika-matematis terhadap tingkat pemahaman pengantar akuntansi (2) Pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap tingkat pemahaman pengantar akuntansi dan (3) Pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap tingkat pemahaman pengantar akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan desain penelitian eksplanasi. Pada penelitian ini terdapat tiga variabel independen yaitu kecerdasan logika-matematis (X1) kecerdasan intrapersonal (X2) dan kecerdasan interpersonal (X3) serta satu variabel dependen yaitu pemahaman pengantar akuntansi (Y). Populasi pada penelitian ini mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2019 sejumlah 294 mahasiswa. Sampel yang digunakan sejumlah 170 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan tes dan kuisioner. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan logika-matematis berpengaruh positif signifikan terhadap pemahaman pengantar akuntansi kecerdasan intrapersonal tidak berpengaruh terhadap pemahaman pengantar akuntansi dan kecerdasan interpersonal tidak berpengaruh terhadap pemahaman pengantar akuntansi. Bagi mahasiswa informasi kecerdasan ini bisa dijadikan sebagai motivasi dan evaluasi untuk terus berusaha meningkatkan pemahaman pengantar akuntansi. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu menambah jumlah variabel menambah jumlah sampel serta pengumpulan data dilakukan melalui media cetak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/185013

Actions (login required)

View Item View Item